Sokhiatulo Laoli Narasumber Pada Orientasi Anggota DPD-RI Terpilih 2019-2024

Daerah, Kep. Nias419 Views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Bupati Nias Sokhiatulo Laoli menjadi salah seorang narasumber pada kegiatan Orientasi Anggota DPD-RI terpilih 2019-2024 yang dilaksanakan di The Ritz Carlton Hotel Jakarta, Jumat (20/9).

Pada pertemuan tersebut, Bupati Nias menyampaikan “Pandangan Terhadap Pelaksanaan Tugas Anggota DPD-RI yang Diselaraskan Dengan Kinerja Pemerintahan Daerah”.

Disampaikan bahwa DPD merupakan lembaga perwakilan daerah yang mencerminkan nilai – nilai demokrasi serta dapat menyerap dan memperjuangkan aspirasi rakyat termasuk kepentingan daerah sesuai dengan tuntutan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya dijelaskan bahwa salah satu fungsi, tugas dan wewenang DPD-RI yaitu memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU tentang APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan dan agama serta pengawasan atas pelaksanaan UU mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, hubungam pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya.

Menurut Sokhiatulo Laoli, sebagai lembaga yang mewakili suara dan aspirasi daerah, DPD berada di garda terdepan dan menjadi motor penggerak penuntasan ketertinggalan daerah-daerah yang berada pada status tertinggal, terluar dan terdepan (3T).

Diakhir penyampaiannya, Bupati Nias mengatakan bahwa kedudukan DPD perlu diperkuat karena selama ini fungsi legislasi DPD selalu dipagari sehingga membuat anggota DPD tidak bisa secara maksimal memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerahnya di tingkat pusat.

Turut juga hadir sebagai Narasumber Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubermur Kalteng Habib Said Ismail. (Albert/Humas Pemkab.Nias)

Comment