by

Sulit Hilangkan Kesan Politis Pemeriksaan Sylviana Murni

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sylviana Murni diperiksa Bareskrim Polri sebagai saksi kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial bagi Kwarda Pramuka DKI Jakarta.

Menurut Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno, ada dua kemungkinan motif pemeriksaan pasangan cagub Agus Harimurti Yudhoyono itu

Pertama, pemeriksaan Sylviana memang murni persoalan hukum soal dana bansos Kwarda Pramuka DKI Jakarta. Oleh sebab itu, siapa pun yang terlibat dalam kasus ini harus diproses secara hukum.

Kedua, lanjutnya, meski ini murni kasus hukum, sulit menghilangkan kesan politis dalam pemeriksaan Mpok Sylvi karena menjelang pilgub.

“Tak perlu pakar hukum untuk menjelaskan apakah ini murni kasus hukum atau tidak? Tak perlu ahli politik untuk menjelaskan apakah ini bernuansa politis atau tidak? Cukup pake logika sederhana saja, pemeriksaan Sylviana ini tak bisa dilepaskan dlm konteks politik saat ini. Apalagi, banyak kasus serupa yang diadukan ke polisi, tapi nggak direspons cepat,” katanya, Jumat (20/1/2017).

Walau demikian, katanya, apa pun motif pemeriksaan Sylviana publik harus berfikir positif demi kebaikan bersama. “Apalagi baru diperiksa sebagai saksi. Meski begitu, tentu kita berharap kepolisian bekerja sesuai nurani, bukan karena ada intervensi pihak-pihak tertentu,” tegasnya. (nga/TB)

Comment