Tingkatkan Kepuasan Peserta, BPJS Kesehatan Gandeng Petugas PIPP FKTP

Daerah, Kep. Nias445 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Terus berupaya meningkatkan kepuasan para peserta, BPJS Kesehatan gandeng Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (PIPP FKTP) Kabupaten Nias.

Pada kegiatan sosialisasi implementasi PIPP di FKTP yang berlangsung di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Nias, Kamis (15/04), tampak hadir Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP), Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nias, dan Petugas PIPP FKTP di Kabupaten Nias.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang KPP BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Renniala Bondar menyampaikan tujuan dari pelaksanaan sosialisasi.

“Kegiatan ini orientasinya adalah peserta JKN-KIS yang mengakses layanan kesehatan di FKTP. Pemberian informasi yang lengkap dan benar akan memberikan kemudahan bagi mereka yang berkunjung. Sehingga penting bagi kita menjadikan peserta sebagai fokus layanan saat berkunjung ke puskesmas,” tutur Renniala Bondar kepada para peserta kegiatan.

Ia menerangkan, sebagai pelayan publik, BPJS Kesehatan dan FKTP wajib memberikan dan menyediakan sarana informasi dan pengaduan peserta. Ketentuan ini dijamin dalam Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Perpres Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, dan Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 dan Nomor 99 Tahun 2015 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Program JKN.

“Pemberian informasi dan pengaduan peserta merupakan hal yang dijamin oleh regulasi dan wajib bagi pemberi layanan publik untuk menjalankannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,“ pungkasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kedepannya akan ada pengembangan aplikasi PIPP di FKTP sehingga manfaat dari aplikasi PIPP ini dapat terlaksana sepenuhnya.

Renniala menambahkan, manfaat aplikasi ini tidak hanya dirasakan oleh peserta JKN-KIS saja, tetapi juga dirasakan oleh pemberi layanan dan BPJS Kesehatan.

“FKTP lebih mudah menetapkan strategi media dan konten informasi yang efektif kepada peserta, pengaduan tertangani secara berjenjang sesuai standar, area of improvement terpetakan, dan semua manfaat ini bermuara pada kepuasan peserta dan mampu meningkatkan citra positif FKTP,” imbuhnya.

Masih dikegiatan yang sama, Intani Kristin, petugas PIPP UPTD Puskesmas Hiliweto Gido menyampaikan terimakasih atas kegiatan sosialisasi implementasi aplikasi PIPP di FKTP.

Menurutnya, aplikasi ini merupakan wujud kemajuan teknologi yang mengakomodir kebutahan peserta JKN-KIS dan petugas PIPP di FKTP.

“Kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini akan membantu kami dalam memenuhi standar layanan informasi dan pengaduan. Mengingat kewajiban kami sebagai pemberi layanan kesehatan harus memenuhi kebutuhan informasi dan pengaduan secara tuntas,” jelasnya.

Intani berharap sinergitas antara BPJS Kesehatan dengan FKTP tetap terjalin dalam tahap implementasi aplikasi.

“Kami sangat antusias dengan aplikasi ini, kami berharap dapat memberikan kepuasan bagi peserta yang berkunjung. Untuk itu kami berharap sinergitas tetap terjalin, sehingga kendala teknis dalam pelaksanaan aplikasi ini dapat terselesaikan dengan baik, dan tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud,” tutupnya.

Reporter : Albert

Comment