UniMUDA Sorong Rintis Kolaborasi Dengan Istanbul University Turki

Daerah, Papua567 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, SORONG  — Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (UniMUDA) membawa delegasi ke Istanbul University yang dipimpin langsung oleh rektor, Dr. H. Rustamadji, Turki, Jum’at, 24 September 2021.

Kegiatan ini merupakan perintisan kolaborasi riset dengan sasaran rekognisi internasional.

Rustamadji didampingi sekretaris BPH UniMUDA, H. Eko Tavip Maryanto dalam diskusi dengan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Istanbul University, menyampaikan bahwa tahun ini UniMUDA memperoleh dana hibah dari Program Kompetisi Kampus Merdeka(PKKM).

“Dengan Rangkaian PKKM itulah, UniMUDA dapat menjelajah sampai ke Eropa untuk menjalin kolaborasi riset,” tutur Rustadmaji yang juga pernah menerima anugrah tokoh perubahan Republika.

Tahun ini sudah dua program studi di UniMUDA Sorong mendapat dana hibah PKKM, yakni program pendidkan biologi dan pendidikan teknologi informasi.

Prof. Dr. Adem Esen, dosen Istanbul University Turki menerima delegasi menyampaikan apresiasi atas kesedian untuk jalin kerjasama.

Dalam rintisan ini, kemudian akan diteruskan dengan publikasi bersama. Di mulai dengan penelitian bersama terkait manajemen pendidikan di Asia dan Eropa.

UniMUDA Sorong adalah transformasi dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong. Dengan adanya program studi Pendikan, dilanjutkan dengan tambahan prodi.

Saat ini, UniMUDA juga mengelola program studi seperti Teknik Kimia, Farmasi dan Hubungan Internasional.

Program studi saat ini adalah Pendidikan Agama Islam, juga telah menerima mahasiswa baru sejak tahun 2021.

“Sekaligus ini melengkapi program Ma’had Bilal bin Rabah yang sebelumnya telah ada,” kata Rustamadji.

Rintisan dan Pengembangan ini di pelbagai perguruan tinggi luar negara menjadi sebuah kebutuhan tersendiri.

“Tidak lagi pengembangan fisik dan program studi semata, melainkan pada sasaran rekognisi global yang pada akhirnya menjadi akreditasi internasional,” tutur Rustamadji.[]

Comment