Wisata Permandian Air Panas Mbombo Aukhu Di Pugar, Pemkab Nias Bangun Infrastruktur Pendukung

Daerah, Kep. Nias373 Views

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Nias gandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) guna menghidupkan kembali permandian air panas “Mbombo Aukhu” di Desa Oladano, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias pasca gempa bumi tahun 2005 lalu.

Dalam kunjungannya, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Firman Yanus Larosa meninjau Lokasi Pengeboran Sumber Air Panas yang sudah berhasil mengeluarkan air tersebut, Rabu (8/1).

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias, Dahlanroso Lase bahwa sumber air panas tersebut semenjak gempa hingga kini tidak mengeluarkan air lagi.

“Sumber Air Panas ini semenjak Nias dilanda gempa bumi Tahun 2005 lalu tidak mengeluarkan air panas lagi. Dengan keadaan tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Nias bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) mencoba melakukan survey pendahulu dan ternyata sumber mata air panas tersebut telah beralih ke tempat lain yang disebabkan oleh gempa bumi,” ungkap Dahlanroso.

Tahun 2019 yang lalu, tim dari ITB melakukan pengeboran dan hasilnya ditemukan titik air panas yang kurang lebih 160 meter dari lokasi sebelumnya.

Kadis Kominfo Kabupaten Nias itu menjelaskan, menurut penelitian ITB sumber air panas tersebut saat ini berada dikedalaman 210 meter.

“Informasi yang kita peroleh dari hasil penelitian Tim ITB yang diketuai oleh Prof. Asnawi menyatakan bahwa kedalaman titik air terdapat di 210 meter dengan debit air 3 liter/detik,” ungkap Kadis membeberkan temuan Tim ITB.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Nias akan melakukan pembangunan secara bertahap dilokasi tersebut.

“Sesuai yang disampaikan Bupati Nias bahwa pembangunan kawasan lokasi wisata Mbombo Aukhu akan dilakukan secara bertahap dengan membangun beberapa infrastruktur untuk mendukung menjadi kawasan pariwisata permandian air panas. Pengerjaannya akan diawali tahun 2020 ini dan diharapkan dapat selesai di tahun 2021,” ucapnya menyampaikan pesan Bupati Nias.

Dalam peninjauan tersebut terut serta Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias, Kepala Bappeda Kabupaten Nias, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias dan turut hadir kepala desa setempat serta Camat Idanogawo.

Reporter : Albert

Comment