by

Ahmad Yana*: Pandemi Covid-19 Adalah Teguran, Perbanyaklah Istighfar Dan Bersedekah

-Opini-73 views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Kita semua sedang mendapat teguran dari Allah SWT dengan peristiwa pandemi covid.19 atau orang banyak yang mengenal dengan sebutan Corona.

Dengan peristiwa pandemi yang tidak saja terjadi di Indonesia ini, pemerintah membuat kebijakan mulai dari PSBB,  soscial distancing hingga tetap tinggal di rumah untuk mencegah sebaran virus yang berasal dari Wuhan,  Cina pada awal Februari 2020 lalu.

Meskipun kini pemerintah mengambil kebijakan New Normal,  masyarakat tetap diminta agar waspada dan memperhatikan protokol kesehatan baik di dalam maupun di luar rumah dengan melakukan 3M, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Memakai masker.

Dalam hal ini, Islam sudah mengajarkan kita supaya kita menjaga kebersihan
diri kita setiap hari tidak kurang sebanyak lima kali melalui kegiatan berwudlu sebelum shalat lima waktu.

Baik buruknya kehidupan itu sangat bergantung kepada individu kita sendiri. Oleh karena itulah pada saat pandemi ini dianjurkan agar membersihkan kotoran yang melekat di dalam hati dan memperbanyak istighfar,  memohon ampunan kepada Allah yang Mahasegala agar musibah  segera diangkat dari bumi Indonesia.

Selain istighfar,  perbanyaklah amal kebaikan dan bersedekah kepada instansi atau mereka yang membutuhkan seperti ;

1.Anak yatim
2. Janda janda tua
3. Orang yang tidak mampu.
4. Pesantren
5. Masjid atau mushollah yang sedang membangun.

Amaliah dan sedekah kepada itu semua akan membersihkan hati dan diri kita dari perbuatan keji dan dapat mencegah musibah atau bencana.

Jangan jadikan harta sebagai tujuan hidup dan jangan pula hidup diperbudak oleh harta. Gunakan harta untuk berjihad di jalan Allah SWT.

Kehidupan mewah tidak akan memiliki arti sama sekali tanpa sedekah kepada mereka yang membutuhkan bahkan sikap kikir hanya membuat hati menjadi sempit.

Semoga dengan istighfar dan sedekah yang kita lakukan dapat membersihkan hati dan jiwa sehingga Allah mengangkat dan menjauhkan musibah yang sedang kita alami. Wallahu a’lam bisshawab.[]

*Penulis adalah Ketua Forum Peduli Masyarakat DKI Jakarta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + thirteen =

Rekomendasi Berita