Aliansi Kolibri: Galang Kolaborasi untuk Ketahanan Iklim dan Pertanian Berkelanjutan di Indonesia

Nasional85 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Indonesia menghadapi tantangan lingkungan yang serius seperti polusi, kerusakan ekosistem, dan perubahan iklim. Pencapaian pemerintah dalam upaya turunkan deforestasi sebesar 8,4% pada periode 2021-2022 menjadi langkah penting, namun tindakan kolektif dan inovatif tetap diperlukan untuk mempertahankan kemajuan ini.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, dibentuklah Aliansi Kolibri, sebuah koalisi antara pemerintah dan organisasi masyarakat sipil yang bertujuan meningkatkan ketahanan iklim di sektor pertanian.

Aliansi Kolibri adalah koalisi yang bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, organisasi masyarakat sipil, petani, dan masyarakat lokal, guna mencapai keberlanjutan dan ketahanan iklim di sektor pertanian.

Selain itu juga untuk menjawab tantangan pertanian berkelanjutan di Indonesia, seperti degradasi tanah, perubahan iklim, kurangnya edukasi praktik pertanian berkelanjutan, dan akses terhadap teknologi modern dan pembiayaan. Kolaborasi ini merupakan komitmen untuk mendukung inisiatif lokal dan mendorong perubahan nyata dari bawah.

Selain Kaleka, terdapat tujuh anggota koalisi dari tujuh organisasi masyarakat sipil lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, antara lain:
Jaringan Komunikasi Masyarakat Adat (JKMA) di Aceh Serikat, Petani Kelapa Sawit (SPKS) di Jambi Yayasan Citra Mandiri Mentawai (YCMM) di Sumatra Barat, Lembaga Bela Banua Talino (LBBT) di Kalimantan Barat, Perkumpulan Bantaya di Sulawesi Tengah, SERABUT di Sulawesi Tenggara
Wahana Tani Mandiri (WTM) di Nusa Tenggara Timur.

Aliansi Kolibri diperkenalkan secara resmi pada hari Kamis, 27 Juni 2024 di Jakarta. Program-program yang dilakukan Aliansi Kolibri untuk menggalang kekuatan bersama antara lain dengan saling berbagi pembelajaran pertanian dan teknologi, menjadi sumber pembiayaan alternatif, dan implementasi berbagai program berkelanjutan.[]

Comment