Awali Tahun 2024, Sekolah Doktoral Pascasarjana UIKA Bogor Raih Akreditasi Unggul

Bogor, Daerah57 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, BOGOR – Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam (PAI) UIKA berhasil meraih akreditasi ‘Unggul (A)’ dengan skor nilai akreditasi sebesar 375, jauh di atas standar minimal nilai akreditasi ‘Unggul’ yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar 361.

Hal ini menjadi kabar gembira bagi seluruh civitas akademika Sekolah Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun Bogor (UIKA).

Hasil akreditasi tersebut dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan berdasarkan Keputusan No.44/SK/LAMDIK/Ak/D/1/2024, pada tanggal 04 Januari 2024.

Kebahagiaan ini juga diungkapkan oleh Sekretaris Program Pendidikan (Sekprodi) Doktoral PAI Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor, Dr. Budi Handrianto, M.Pd.

Melalui sambungan telepon, Sabtu (7/1/2024) Dr. Budi mengatakan, keluarnya hasil akreditasi ‘Unggul’ ini merupakan hasil kerjasama antara pimpinan Sekolah Pascasarjana UIKA, para dosen, staff, dan juga dengan para mahasiswa Doktoral PAI, dengan melakukan berbagai macam upaya peningkatan mutu dan kualitas akademis maupun non akademis.

Ditambahkan Dr. Budi, semua upaya peningkatan kualitas yang telah dilakukan oleh seluruh civitas akademika program studi PAI tersebut telah membuahkan hasil akreditasi yang maksimal, setelah sebelumnya program studi PAI hanya mendapatkan akreditasi Baik Sekali (B) selama berdirinya sejak tahun 2011 tersebut.

“Sungguh sebuah hal yang sangat patut kita syukuri atas pencapaian akreditasi ‘Unggul’ di program studi PAI Doktoral Sekolah Pascasarjana UIKA ini.” ucapnya.

Hasil akreditasi ‘Unggul’ ini lanjutnya,  juga terwujud berkat prestasi mahasiswa doktoral yang hebat-hebat.

“Hasil penilaian luaran atau capaian Tridharma Perguruan Tinggi kita, sebagai dasar penilaian LAM DIK yang ke-9, telah terbantu dengan prestasi mahasiswa dalam bidang penelitian di jurnal-jurnal penelitian bertaraf nasional dan internasional, sitasi hasil penelitian yang maksimal, penulisan jurnalistik yang juga dipublikasikan oleh media nasional dan internasional, dan juga keberadaan beberapa mahasiswa kita yang menduduki posisi-posisi sebagai Dosen, Rektor, Ketua Umum Organisasi Massa (Ormas) Islam, seperti Ketua Umum Ormas Islam Al Jam’iyatul Washliyah dan Ketua Umum Ormas Islam Wahdah Islamiyah, dan beberapa prestasi bergengsi terbaik lainnya,” lujar Dr. Budi Handrianto.

“Program Doktoral PAI kita juga mempunyai sebuah keunikan tersendiri, yaitu ada mata kuliah ‘Islamic Worldview’ yang diajarkan langsung oleh para pakar tentang prihal pemikiran-pemikiran Islam kontemporer yang tetap dalam bingkai Al Qur’an dan Hadits, seperti oleh Prof. Dr. K. H. Didin Hafidhuddin, Prof. Dr. Endin Mujahidin, Dr. Adian Husaini, dan Dr. Hendri Tandjung.” imbuhnya.[]

Comment