BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli Komitmen Berikan Kemudahan Layanan Selama Libur Lebaran

Daerah, Kep. Nias225 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Sumatera Utara, berkomitmen memberikan kemudahan layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat libur panjang lebaran pada 8 sampai 15 April 2024.

Salah satu kemudahan yang diberikan BPJS Kesehatan yakni memberikan akses kepada peserta JKN untuk mendapatkan layanan kesehatan di luar daerah domisili peserta guna mengantisipasi kebutuhan saat berlibur.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Penjaminan, Manfaat dan Utilisasi, Dedy Setyawan dalam penjelasannya kepada para awak media, Rabu (20/3/2024), bertempat di ruang pertemuan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli.

Ia menyebutkan untuk dapat mengetahui daftar FTKP yang beroperasi saat libur panjang, peserta JKN dapat mengakses aplikasi Mobile JKN atau melalui pusat layanan BPJS Kesehatan pada nomor 165.

“Peserta yang berada di luar domisili ini dapat mengakses layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FTKP) maksimal tiga kali dalam satu bulan. Ini kalau kondisi tidak dalam keadaan emergency,” ungkap Dedy.

“Namun ketika keadaan dalam keadaan emergency bisa langsung mengakses IGD, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atau rumah sakit,” jelas Dedy lebih lanjut.

Ia juga menambahkan, bagi pasien yang membutuhkan pelayanan obat, BPJS Kesehatan memberikan relaksasi waktu pengambilan obat yang bisa disesuaikan menjadi lebih awal maksimal tujuh hari kalender.

“Untuk pelayanan obat dalam Program Rujuk Balik (PRB) dan obat kronis, dapat diberikan lebih awal maksimal tujuh hari kalender. Misalnya jadwal pengambilan obat pada tanggal 12, sedangkan peserta JKN itu akan mudik, maka obat kronis bisa diambil lebih cepat yakni tujuh hari yakni bisa pada tanggal 5 dengan membawa identitas peserta dan resepnya,” ucap Dedy memberikan mencontoh.

Lebih lanjut Dedy mengatakan, dimasa libur lebaran nanti, pihaknya akan tetap memberikan pelayanan baik offline ataupun online. Untuk layanan offline dapat diakses pada tanggal 8,9,12 dan 15 April pada pukul 08.00 Wib – 12.00 Wib di Kantor BPJS Kesehatan.

Sementara untuk pelayanan online, Dedy menghimbau peserta JKN menggunakan Care Center 165 yang aktif 24 jam.

Masih dikegiatan konferensi pers, Pps. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Muhammad Kamil mengajak peserta JKN memastikan keaktifan kepesertaannya.

“Sebelum berlibur, kami mengajak para peserta JKN untuk lebih dulu memastikan keaktifan kepesertaannya, baik itu melalui CHIKA yang dapat diakses melalui nomor WhatsApp 0811-8-750-400, Care Center 165, atau Aplikasi Mobile JKN,” ajak Kamil.[]

Comment