by

BPJS Kesehatan Lakukan Rapat Pemangku Kepentingan Di Wilayah Pemerintah Nias Selatan

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS SELATAN – Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli terus meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan stakeholders dan pemberi layanan kesehatan. Pada Selasa (30/06), BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nias Selatan menggelar kegiatan Forum Pemangku Kepentingan Utama Tingkat Kabupaten.

Pertemuan yang dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Nias Selatan beserta beberapa Kepala OPD Nias Selatan itu merupakan implementasi kerja sama strategis yang terjalin antara BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli dengan Pemda Nias Selatan pada bidang peningkatan mutu layanan kesehatan di era program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Sekda Nias Selatan, Ikhtiar Duha menyatakan pentingnya peningkaan mutu dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat khususnya masyarakat yang telah menjadi peserta JKN-KIS. Peningkatan mutu layanan kesehatan ini menjadi tanggungjawab bersama dan menjadi salah satu fokus utama pihaknya dalam menjalankan pemerintahan di Kabupaten Nias Selatan.

“Sebagai salah satu kabupaten yang ada di Pulau Nias, Kabupaten Nias Selatan memiliki wilayah yang paling luas. Bahkan ada ratusan pulau yang menjadi wilayah kabupaten ini. Tentunya ini akan menjadi tantangan besar bagi kami dalam memberikan jaminan kesehatan. Begitu juga jumlah Puskesmas, klinik, dan dokter praktek perorangan juga sebagai kabupaten terbanyak secara jumlah layanan kesehatan tingkat pertama,” tuturnya kepada peserta pertemuan.

Menurutnya kondisi geografis, jumlah penduduk, luas wilayah dan jumlah pemberi layanan kesehatan menjadi tantangan dan bahan evalusi pihaknya dalam meningkatkan mutu layanan sehingga forum kemitraan seperti ini, mutlak diperlukan agar terjalin kesepahaman dan tujuan yang sama antara BPJS Kesehatan dengan Pemda Nias Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli Harry Nurdiansyah menyampaikan peningkatan taraf kesehatan masyarakat di Kabupaten Nias Selatan, tidak terlepas dari peran pemerintah daerah dan pemberi layanan kesehatan. Untuk itu menurutnya, sudah sangat tepat jika setiap pihak menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan kewenangan yang diatur oleh regulasi. Begitu juga Puskemas, Klinik, dan Dokter Praktek Perorangan merupakan garda terdepan dalam memberikan layanan kesehatan harus mampu meningkatkan layanan kesehatan.

“Sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli telah melakukan Kredensialing dan Rekredensialing kepada mitra fasilitas kesehatan yang akan bekerja sama dan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Upaya ini dibutuhkan untuk memberikan jaminan kepada peserta JKN-KIS agar mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas, dengan standar layanan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Harry menjelaskan bahwa pada Juni 2020, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli telah melakukan rekredensialing kepada salah satu rumah sakit di Kabupaten Nias Selatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Jenis pelayanan, jumlah sumber daya alam, sarana dan prasarana, sistem informasi, prosedur dan administrasi menjadi kriteria penilaian BPJS Kesehatan dalam melanjutkan atau tidak melanjutkan kontrak kerja sama.

“Kami akan tegas dalam menindaklanjuti hasil kredensialing terhadap faskes, baik tingkat pertama atau pun tingkat lanjutan. Jika memang tidak memenuhi syarat, kami akan melakukan evaluasi dan memutus kerja sama melalui mekanisme yang telah diatur oleh regulasi yang ada,” tutupnya.

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − three =

Rekomendasi Berita