by

BPPKB Ranting Kel. Jatiluhur Kec. Jatiasih Kota Bekasi Peduli Korban Banjir

 

 

RADARINDONESIAMEWS.COM, BEKASI –Meluapnya kali bekasi akibat hujan deras yang mengguyur hulu Kab. Bogor menyebabkan ambrolnya tanggul yang meyokong kali Bekasi.

Akibat ambrolnya tanggul kali Bekasi tersebut mengakibatkan beberapa kecamatan di kota Bekasi terdampak banjir, di antaranya kediaman sekjen BPKB ranting Jatiluhur Agung Muh Tanjung di daerah Vila Nusa Indah 2 Blok y3/ 21 Taman Burung.

Enung Nurcholis selaku Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menjelaskan, banjir ini disebabkan air kiriman dari Bogor yang mengalir melewati Kali Cileungsi dan Kali Cikeas.

 

“(Karena) air kiriman, tanggul Kali Bekasi yang bersebelahan dengan PGP dan Vila Nusa Indah menjadi jebol. Kalau memang tanggul tidak jebol, tidak akan seperti ini. Ini tanggul Kali Bekasi sampai jebol,” ucap Enung Nurcholis kepada wartawan, Kamis (17/2/2022) kemarin.

Enung menjelaskan ketinggian air di sungai Bogor saat Rabu malam (16/2) mencapai 735 cm, atau melebihi batas normal 600 cm.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Ardhianto menjelaskan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk menangani tanggul yang jebol tersebut.

“Hari ini kita koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) dan Kementerian PU, kemudian hari ini akan dikirimkan dua alat. Kita lakukan (penanganan) menggunakan metode sand bags, tapi dalam teknologi yang lebih kuat lagi,” jelas Tri kepada wartawan, Kamis (17/2).

Merespon becana yang menimpa salah satu kader dan anggotanya serta warga sekitar ketua Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar Banten BPPKB ranting Jatiluhur menerjunkan separuh anggotanya untuk bergotong royong membantu membersihkan lumpur yang terbawa banjir dan memberikan bantuan berupa makanan siap saji yang di dapatkan dari kementrian sosial.

“Sudah sepatutnya kita bergotong royong membantu saudara kita dari musibah ini.” Ucap Pembina BPPKB ranting Jatluhur Muhammadin.

“Beliau juga menghimbau pemerintah sekitar agar lebih peduli terhadap warga yg terdampak musibah banjir ini, dan kedepan ada solusi atas musibah yang terus berulang ini”.[Aef]

Comment

Rekomendasi Berita