by

Hati Hati Penjahat Menguras Uang Anda

-Metro-38 views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Kejahatan selalu menemui caranya sesuai perkembangan teknologi itu sendiri.

Dalam transaksi keuangan, perbankan dituntut konsumen untuk menyediakan layanan profesional (Customer Service) dan fasilitas pendukung lainnya seperti Automatic Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Namun layanan dukungan ATM oleh penyedia layanan perbankan ini tidak lepas dari upaya kejahatan.

Hal ini terjadi di sebuah ATM BRI link yang berlokasi di area Klinik Esti, JL. Bangka Raya Pela Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (16/6/2021).

Salah seorang teknisi yang akan memperbaiki ATM tersebut mengatakan bahwa kejahatan semacam ini sudah sering dia temukan Di ATM lain,

“Ini baru pertama kali terjadi di sini.” Ujarnya usai memeriksa dan memperbaiki ATM tersebut.

Dalam pemeriksaan dan perbaikan oleh teknisi, diketahui beberapa tindakan kejahatan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pertama, pelaku memutus jaringan CCTV yang terdapat di bagian atas layar monitor.

Kedua, pelaku menempel plastik keras pada lubang kartu ATM agar kartu konsumen tidak bisa keluar.

Ketiga, pelaku kemudian menempel label nomor kontak pengaduan yang bukan ke penyedia layanan perbankan bersangkutan tetapi ke nomor HP mereka pribadi.

Tujuannya adalah agar konsumen yang panik karena kartunya tidak keluar akan menelpon ke nomor yang ditempel oleh penipu tersebut.

“Kalau ada yang nelpon ke nomor itu, nanti akan diminta nomor pin yang bersangkutan. Kalau sudah didapat akan dikuras uang milik nasabah itu.” Ujar teknisi itu menjelaskan.

Saat pemeriksaan dan perbaikan, teknisi memperlihatkan 20an kartu yang mandeg di dalam mesin ATM.

Menurut teknisi tersebut, kantor pusat BRI Ampera, Jakarta Selatan telah mencurigai peristiwa ini disebabkan tidak ada transaksi seharian.[]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 2 =

Rekomendasi Berita