Jelang Masa Tenang Bawaslu Kabupaten Nias Gelar Rapat Koordinasi, Ardiman : Jaga Netralitas

Daerah, Kep. Nias87 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias menggelar rapat koordinasi bersama para pemangku kepentingan dalam rangka pengawasan kampanye menjelang tahapan masa tenang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dari laporan Sekretaris Bawaslu Kabupaten Nias, Augusman Gulo mengungkapkan jika pada masa tenang nantinya seluruh alat peraga kampanye akan ditertibkan.

“Jadi kita laksanakan rapat ini karena kita akan memasuki tahapan masa tenang. Maka sesuai dengan peraturan, semua alat-alat peraga kampanye tidak terpasang lagi,” jelas Augusman kepada para peserta rapat di Gedung Howu-howu, Desa Lasara Idanoi, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Rabu (7/2/2024).

Sementara itu, dalam penyampaian sambutan Kapolres Nias, AKBP Revi Nurvelani mengajak para partai politik untuk bekerjasama menertibkan alat peraga kampanye.

“Kami tekankan disini, dalam tahapan ini kami mohon kepada ketua-ketua partai, yang mempunyai alat-alat peraga kampanye alangkah lebih bagusnya proaktif. Apalagi beberapa spanduk berada di dalam atau halaman lingkungan rumah,” ajak Revi.

“Kami dari kepolisian akan membantu rekan-rekan Bawaslu dan Satpol PP dari sisi keamanan. Kami pun membuat satgas anti money politik, penegakan hukum dan kami akan berkoordinasi dengan Bawaslu. Karena Bawaslu adalah pintu masuk dari setiap laporan pelanggaran pemilu,” sambung Kapolres Nias.

Masih dikesempatan yang sama, mewakili Bupati Nias, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Rahmat Chrisman Zai mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias mendukung penuh pelaksanaan pesta demokrasi.

“Pemerintah Kabupaten Nias tentunya sangat mendukung kegiatan Pemilu Tahun 2024 ini,” ungkap Kadis Kominfo Kabupaten Nias mengawali sambutan.

Rahmat juga menuturkan, Pemerintah Kabupaten Nias akan menegakkan aturan terkait netralitas Apartur Sipil Negara (ASN).

“Kami menghimbau kepada rekan-rekan kami disini untuk menjaga netralitas. Jaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Nias,” tuturnya mengajak para ASN menciptakan Pemilu damai.

Usai penyampaian sambutan oleh para pemangku kepentingan, Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Adirman Mendrofa mengapresiasi para pihak terkait dalam proses tahapan kampanye.

“Sudah kita pahami bersama bahwa kita sebentar lagi memasuki tahapan masa tenang. Kami Bawaslu Kabupaten Nias mengapresiasi kesadaran kita dalam berkampanye sudah menaati aturan,” ucapnya memberi apresiasi.

“Dimasa tenang ini parpol yang tenang, tetapi Bawaslu tidak tenang. Tentu kami harapkan, kami mengajak kerjasama dari seluruh masyarakat untuk tidak sungkan memberikan informasi kepada kami baik itu ke tingkat Kabupaten ataupun pengawas di Desa bila mendapati adanya indikasi pelanggaran,” tambah Ketua Bawaslu.

Adirman juga berharap, para ASN, TNI, Polri serta penyelenggara pemilu menjaga netralitas pada pelaksanaan Pemilu 2024 ini.

“Kami berpesan kepada kita semua, jangan sampai karena satu atau dua suara terjadi gesekan,” pesan Ardiman kepada para pemangku kepentingan.

Adapun pemateri pada rapat koordinasi tersebut, yakni Ketua KPU Kabupaten Nias Elisati Zandroto dengan materi “Kewajiban Peserta Pemilu Pada Tahapan Masa Tenang Pemilu Tahun 2024” serta Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Pardin Mozartman Harefa dengan materi “Dukungan Pemerintah Daerah Pada Pelaksanaan Tahapan Masa Tenang Pada Pemilu Tahun 2024”.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye, bahwa masa tenang pemilu berlangsung selama tiga hari sebelum hari pemungutan suara. Dengan demikian, masa tenang Pemilu 2024 berlangsung pada 11, 12, dan 13 Februari 2024.[]

Comment