by

Maknyus, Bubur Ayam Khas Cilamaya, Murah Dengan Rasa Eksotis.

-Kuliner-220 views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, CILAMAYA – Bubur ayam termasuk makanan yang tidak asing di Indonesia. Selain namanya sudah sangat populer, penggemarnya pun sangat banyak. Bubur ayam biasanya disajikan untuk makan sarapan pagi maupun makan siang atau malam.

Namun dengan teksturnya yang lembut dan tak perlu digigit dengan keras, bubur juga cocok dan tak masalah saat diberikan untuk bayi dan orang yang sedang sakit. Tentunya, bagi bayi dan orang sakit diberikan dengan menu bubur ayam dengan tanpa campuran bumbu yang tak sesuai.

Sebagaimana bubur ayam di setiap daerah hampir serupa. Tetapi mungkin bubur ayam yang agak berbeda adalah bubur ayam khas Manado, Sulawesi Utara yang disajikan dengan sayuran.

Akan tetapi, secara umum bubur ayam umumnya berbahan baku beras yang diberi kecap dan tambahan seperti bawang goreng, suiran atau irisan kecil ayam, suiran telor dadar atau cakue, ditambah krupuk.

Berbicara soal kuliner bubur ayam, terdapat bubur ayam khas Cilamaya. Perlu diketahui Cilamaya adalah wilayah kecamatan yang berbatasan antara dua kabupaten, Subang dan Karawang, Jawa Barat.

Ada dua Desa Cilamaya yaitu Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karawang, sedangkan Desa Cilamaya Girang, Kecamatan Blanakan masuk ke dalam Wilayah Kabupaten Subang.

Kultur di Desa Cilamaya merupakan perpaduan kultur Jawa dan Sunda. Karena posisi wilayah berada di garis pantai utara Pulau Jawa, maka daerah tersebut termasuk daerah pantura (pantai utara Jawa).

Kembali berbicara bubur ayam, Cilamaya memiliki menu bubur yang khas dan berbeda dengan daerah lain. Jika bubur pada umumnya, menggunakan bumbu kecap biasa yang dibeli di toko atau warung, berbeda hal dengan bubur Cilamaya.

Kecap bumbu untuk bubur ayam Cilamaya dibuat dan diolah sendiri dengan cara dimasak. Bumbu rasanya yang warnanya kekuningan dibuat dari bahan campuran rempah-rempah dan tak mengherankan rasanya khas. Bumbu bubur ayam Cilamaya sekilas tampak seperti bumbu semur daging atau semacamnya.

Bubur di Cilamaya mempunyai perbedaan dengan daerah lain yang menjadikan bubur Cilamaya menjadi kuliner khas dan unik yang jarang ditemui di daerah lain. Bagi para pendatang dari luar Cilamaya dipastikan penasaran dengan rasa bumbu bubur Cilamaya.

Dengan rasa bumbunya yang cukup sedap dengan campuran irisan daging ayam, bubur ayam Cilamaya termasuk menu favorit yang banyak penggemar. Bagi Anda yang ingin tahu rasanya bubur khas pantura Cilamaya perlu mencoba dan mencicipinya.

Tak mengherankan, masyarakat Cilamaya selalu mengatakan kepada para pendatang atau orang yang baru datang Cilamaya untuk merasakan bubur ayam khas Cilamaya. Mereka selalu mengatakan, ”Belumlah lengkap atau ada yang ketinggalan saat berkunjung ke Cilamaya jika tidak mencicipi bubur khas Cilamaya!!!”.

Selain rasanya dijamin enak dan sedap, bubur ayam khas Cilamaya harga murah meriah dan sangat terjangkau. Dengan bubur ayam khas Cilamaya, selain enak yang jelas tak akan menguras kantong pembelinya. Selamat mencoba bubur khas Cilamaya. (Nanang S)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =

Rekomendasi Berita