Masyarakat Betawi Dukung Penuh Pemerintah Pindahkan Ibu Kota Ke Kaltim

Metro199 Views
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Organ masyarakat Betawi seperti Majelis Adat Betawi, BPH Bamus Betawi, DPD Bamus Betawi, Ormas-ornas Betawi, Forum Betawi Rempug (FBR), Yayasan-yayasan Betawi, Sanggar Seni Betawi, Perguruan Silat Betawi, serta para Aktifis menyatakan sangat mendukung rencana pindah ibukota. Mereka menilai Jakarta sudah sesak dan tak mungkin lagi menampung.

Mujahidin pengurus Bamus Betawi mengatakan harusnya secepatnya di pindahkan, kita udah cape Betawi jadi ibukota selama 74 tahun tapi pemerintah tidak peduli, bahkan dari 74 tahun jadi ibukta apa pemerintah bayar kontrakan ? giliran ada apa apa kita yang kena efek pertama.

Lalu Kakarta mau jadi kota santri metropolitan, tiap abis magrib ada gerakan ngaji dan ditambah budaya Betawi agamis.

Sekjen Bamus Betawi, Muhammad Iksan mengatakan, Presiden Jokowi telah menyatakan ibukota akan pindah. Kajian dan perundang-undangannya juga akan selesai tahun 2019, sehingga 2020 akan langsung dimulai pembangunan di Ibu Kota baru.

“Kalau hemat saya sebagai masyarakat asli Betawi, dengan kondisi Jakarta  seperti sekarang ini, macet, kumuh, padat, sempit, maka memang sebaiknya pindah. Sebab problematika negara ada di Jakarta semua,” ujar M Iksan dalam Diskusi Publik bertajuk: Perpindahan Ibukota, Buruan Deh! di Resto Kampung Kite, Gang Sentiong, Salemba Jakpus, Rabu (25/9/2019).

Diskusi itu menghadirkan pembicara di antaranya Ketua Umum BAMUS BETAWI Haji Zaenudin, Mh.se, Sekretaris Majelis Adat Betawi sekaligus Ketum Forum Betawi Rempug (FBR) KH Lutfi Hakim, S.ag, Anggota DPRD-DKI Fraksi Golkar HR Khotibi Achyar (Haji Beceng), Ketua Bidang Politik Bamus Betawi DR. Usni Hasanudin, Ketua Umum BBM Haji Muhidin Muhtar, dan para tokoh betawi lainnya.

M Iksan mengatakan, selama ini ada masalah terpendam di Jakarta, dan terkadang tidak disadari oleh warga Betawi sendiri. Baik masalah sosiologis, budaya, antropologis, ketimpangan ekonomi dan lainnya.

“Jadi selama ini warga Betawi ya, legowo dan banyak nerima saja dengan alasan sebagai ibukota. Nah, sekarang dengan wacana ibukota pindah ini, maka hak-hak warga Betawi bisa dikelola oleh warga Betawi sendiri,” jelasnya.

Lanjut M Iksan, kalau 2019 selesai disepakati UU pindah Ibu Kota, maka pada 2020 akan langsung dipantek oleh pemerintah untuk membangun di Kalimantan. Bahkan 2024 akan pindah sebenar-benarnya pindah Ibu Kota.

“Jadi hanya 4 tahun akan dikebut pemerintah Jokowi. Maka saya bilang, Ibukota Pindah, Buruan Dah,” tegas M Iksan.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum FBR sekaligus Sekretaris Majelis Adat Betawi, KH Lutfi Hakim, S.ag, mengatakan, pindah ibukota sebenarnya tak ada masalah.

“Yang jadi masalah adalah konsep apa yang akan ditawarkan kepada kita orang Betawi setalah nanti Jakarta tak lagi jadi Ibu Kota. Inilah yang kita harus pikirkan,” ujar,” ujar Kiai Lutfi.

Ia juga meyakini, jika nanti pindah Ibu Kota bukan berarti semua akan berpindah. “Mungkin akan ada yang tertinggal di sini, entah pusat bisnis, wisata, budaya atau lainnya,” tegasnya.

Dengan dasar itu, Kiai Lutfi berharap, jika memang nanti ibukota betul-betul pindah, maka harus ada studi kelayakan yang cukup terkait konsep apa yang ditawarkan kepada warga Betawi sebagai mantan ibukota.

Adapun Haji Beceng mengatakan, UU nomor 29/2017 tentang kekhususan Daerah Ibukota Jakarta tentu akan dicabut setelah Jakarta tak lagi menjadi ibukota.

Kalau tak lagi jadi ibukota, kata Haji Beceng, hak politik warga Betawi yang selama ini tak ada akan dikembalikan. DKI akan ada pemilihan walikota langsung, juga akan ada DPRD tingkat II.

“Maka Walikota bisa dipilih langsung oleh masyarakat. Makanya sekarang anak Betawi sekolah dah yang tinggi-tinggi,” jelas Haji Beceng.[]

Comment