Musim Umrah 1445 H Resmi Dimulai

Nasional181 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA–  Musim umrah 1445 H di Arab Saudi telah resmi dimulai, demikian seperti yang diumumkan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang mengeluarkan izin umrah melalui aplikasi Nusuk atau Tawakkalna untuk warga lokal dan warga negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC), Rabu (12/6/2023).

Langkah ini diambil dalam rangka meningkatkan jumlah umat Islam yang melakukan umrah serta kunjungan ke Saudi Arabia, sejalan dengan visi Saudi pada tahun 2030 yang bertujuan meningkatkan kualitas layanan.

Aplikasi Nusuk memainkan peran penting dalam upaya memfasilitasi penerbitan izin umrah dengan mudah. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi Tawakkalna yang bertujuan untuk memverifikasi kesehatan pemohon izin.

Dengan menggunakan aplikasi Nusuk, jemaah dapat dengan cepat dan efisien mendapatkan izin umrah mereka. Hal ini memudahkan proses administrasi dan memastikan keamanan dan kesehatan jemaah selama perjalanan mereka.

Selain itu, bagi jemaah yang berasal dari luar wilayah GCC, mereka dapat melakukan umrah mulai 1 Muharram 1445 H dengan mengajukan visa melalui platform Nusuk. Namun, disebutkan bahwa Indonesia saat ini belum termasuk dalam negara yang dapat menggunakan platform Nusuk.

Oleh karena itu, jemaah dari Indonesia masih dapat mengajukan visa umrah melalui kedutaan besar atau konsulat Arab Saudi di negara terkait. Selain itu, mereka juga dapat memanfaatkan layanan paket umrah yang disediakan melalui Nusuk.

Penting untuk dicatat bahwa dalam melakukan perjalanan umrah, jemaah harus mematuhi semua protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Ini termasuk memastikan bahwa mereka telah divaksinasi COVID-19 dan mengikuti semua tindakan pencegahan yang diperlukan selama perjalanan mereka. Kesehatan dan keselamatan jemaah adalah prioritas utama dalam musim umrah ini.

Dengan dimulainya musim umrah 1445 H, diharapkan jumlah umat Islam yang melakukan umrah dan kunjungan ke Saudi Arabia akan meningkat. Langkah ini juga sejalan dengan upaya Saudi Arabia untuk meningkatkan kualitas layanan umrah dan mewujudkan visi mereka pada tahun 2030.

Semoga musim umrah ini memberikan pengalaman spiritual yang bermakna bagi semua jemaah yang melaksanakannya.[]

Comment