Once Dapat Somasi Terbuka Ahmad Dhani, Apakah Akan Lanjut ke Pengadilan?

Selebriti251 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Ahmad Dhani melayangkan somasi terbuka pada Once Mekel, buntut dari pernyataan Once tentang lagu Dewa 19 yang dibawakan tanpa seizin Dhani.

Padahal mereka berdua sempat berada dalam satu grup yang sama, di mana Dhani sebagai pentolan band Dewa 19 mendapuk Once sebagai vokalis menggantikan Ari Lasso, di tahun 1999.

Namun karena pernyataan Once, Dhani meradang dan melalui pengacaranya, Dhani merespons dengan melayangkan somasi terbuka untuk Once.

Dalam jumpa pers, pengacara Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian menyebut kliennya keberatan atas pernyataan Once Mekel dan kuasa hukumnya yang mengatakan tidak perlunya meminta izin saat membawakan lagu yang memiliki hak cipta selama membayar royalti atas lagu yang dibawakan dalam acara konser.

Pihak Once mengeluarkan pernyataan itu merujuk pada Pasal 23 UU Hak Cipta, pihak Ahmad Dhani justru merujuk pada Pasal 9 UU Hak Cipta yang mengharuskan adanya permintaan izin kepada pemilik hak cipta.

Selain itu, pihak Dhani juga merujuk pada Pasal 80 UU Hak Cipta tentang lisensi.

“Kalau dianggap tidak melanggar, silakan untuk coba-coba. Kita sudah lakukan warning dan surat terbuka. Tentu akan ada konsekuensi hukumnya,” paparnya dalam jumpa pers di Jakarta Selatan,

Pihak Ahmad Dhani menantang Once agar mantan vokalis Dewa 19 tersebut membawakan lagu-lagu Dewa 19, apabila Once Mekel merasa benar setelah adanya somasi terbuka dilayangkan kemarin.

“Kalau dilakukan (masih nyanyi lagu Dewa 19), nanti proses hukum akan kita lakukan. Kita berpegangan pada aturan,” tegasnya.

Once Mekel beberapa waktu lalu
mengaku terkejut, dirinya mendapat ultimatum Ahmad Dhani, yang melarang keras dirinya membawakan lagu Dewa 19.

Once mengatakan, seharusnya
Dhani membuat langkah-langkah yang elegan melalui jalur yang konstruktif apabila ada ketidakpuasan, bukan malah mengeluarkan pernyataan dan menyetir opini publik seolah-olah dia bersalah.

Once mengaku, sebagai sahabat akan terbuka untuk berbicara dengan Dhani. Sayangnya, Dhani
Dhani justru membuat pernyataan yang kontra produktif.

Once lantas menegaskan, jika dirinya membawakan lagu Dewa 19 semata-mata untuk menghibur para penggemar setianya, itu pun tidak banyak.

“Satu lagu yang saya bawakan tidak berkompetisi dengan Dewa. Dewa sebesar itu dengan penonton 70-an ribu saya mau saingin gimana?” kata Once di Lebak Bulus Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2023).

Pelantun lagu Dealova itu pun menilai, Dhani terlalu berlebihan melarangnya menyanyikan lagu-lagu band legendaris Dewa 19.

“Menurut saya berlebihan aja. Dia enggak boleh melarang. Dia menikmati hasil kerja teman-teman juga untuk membesarkan Dewa 19,” tegasnya.[]

Comment