Pemerintah Desa Majino Lorang Ciptakan Desa Terang Berkat DD

Daerah, Kep. Nias61 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS SELATAN – Jika selama ini gelap dan butuh penerangan, Pemerintah Desa Majino Lorang, Kecamatan Pulau-pulau Batu Utara, Kabupaten Nias Selatan akan menerangi desa melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Dikatakan Kepala Desa Majino Lorang, Fransiskus Fau kepada radarindonesianews.com, Selasa (23/1/2024), pengadaan PLTS tersebut dapat tercapai berkat adanya Dana Desa (DD).

Fransiskus juga menjelaskan jika pengadaan PLTS ini merupakan hasil kesepakatan bersama antara Pemerintah Desa, Badan Pemusyawaran Desa (BPD), lembaga di desa, para tokoh dan masyarakat.

“Untuk tahun 2024 ini berdasarkan penetapan bersama melalui musyawarah. Tetap mengutamakan skala prioritas sesuai dengan aturan yang berlaku, dan skala prioritas dari usul masyarakat adalah pemasangan PLTS di masing-masing rumah,” ungkapnya.

“Dengan adanya PLTS ini nantinya masyarakat dapat hemat biaya bahan bakar minyak sebanyak 3 liter atau dengan harga saat ini 30 ribu rupiah per malam,” sambung Fransiskus.

Tujuan dari program desa ini, dikatakan Kades agar memudahkan masyarakat beraktivitas pada malam hari, meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan mengantisipasi tindak kejahatan terhadap mayarakat desa.

“Kami berpandangan dana desa ini tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat, tentu dengan program desa terang ini tidak menyalahi karena hal ini berdampak baik untuk masyarakat,” terang Fransiskus.

Dari informasi yang dihimpun awak media ini, keberadaan PLTS ini disambut baik oleh masyarakat dengan mengapresiasi pemerintah pusat yang telah mengelontorkan dana desa untuk kemajuan serta kesejahteraan masyarakat desa.[]

Comment