Pemerintah Kabupaten Nias Gelar Musrenbang, Berikut Fokus RKPD Tahun 2025

Daerah, Kep. Nias189 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias gelar Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025, bertempat di Gedung Serba Guna Howu-howu Lasara, Kecamatan Gido, Rabu (28/2/2024).

RKPD Kabupaten Nias Tahun 2025 kali ini berfokus pada pengembangan kewirausahaan dan stabilisasi ekonomi kerakyatan menuju kemandirian ekonomi yang berkelanjutan.

Sekretaris Bappedalitbang Kabupaten Nias Alvien Christopher Lase melaporkan, tujuan dari pelaksanaan ini adalah menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah dan penyelarasan program pembangunan daerah.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Nias Alinuru Laoli dalam sambutannya mengatakan jika pihaknya senantiasa mendukung seluruh program pembangunan di Kabupaten Nias demi kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap agar penyusunan RKPD ini didapatkan dari hasil keputusan-keputusan yang objektif dan efektif sehingga dapat menjadi momentum bagi kemajuan Kabupaten Nias. Atas nama DPRD Kabupaten Nias mari bersatu dalam membangun Kabupaten Nias tanpa ada satupun perbedaan, tutur Alinuru.

Masih dalam kegiatan yang sama, mewakili Pj. Gubernur Sumatera Utara, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Dr. Agustinus Panjaitan menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Murenbang RKPD Kabupaten Nias.

“Musrenbang ini bukan hanya formalitas saja, namun harus membahas substansi tahunan kebijakan pembangunan yang kompleks dan dinamis serta harus membangun kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, harap Agustinus.

Bupati Nias, Yaatulo Gulo mengatakan bahwa target dan fokus tahun 2025 adalah peningkatan dan pengentasan desa terisolir, peningkatan nilai sakip Pemerintah Kabupaten Nias, meningkatkan PAD, pelatihan kewirausahaan dan inovasi pelayanan perangkat daerah Kabupaten Nias, pembangunan yang berkualitas agar visi-misi dapat terwujud.

“Tantangan dalam mencapai target tersebut bukan jadi halangan untuk tetap bekerja keras mengoptimalkan sumber daya yang kita miliki,” ucap tegas Bupati Nias.

“Saat ini, arah pembangunan difokuskan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi daerah yang didukung oleh peningkatan sektor pertanian, perindustrian dan perdagangan yang dapat meningkatkan PAD,” imbuh Ya’atulo.[]

Comment