Pemerintah Kabupaten Nias Raih UHC Award 2023, 96,93 Penduduk Ikut JKN

Daerah, Kep. Nias303 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Dinilai memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas kesehatan, Pemerintah Kabupaten Nias menerima penghargaan cakupan kesehatan universal atau Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 atas pemberian perlindungan kepada penduduknya dan telah mendaftarkan dalam segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU).

Pada ajang nasional bergengsi yang digelar di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023), terdapat sebanyak 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia menerima penghargaan UHC Award.

Penghargaan UHC diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin secara simbolis kepada 6 Gubernur di Indonesia.

Kriteria yang diberikan penghargaan yakni Pemerintah Daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dan yang sudah melakukan integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah.

Kepada awak media ini, Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias, Rahmani O. Zandroto mengungkapkan jumlah kepesertaan penduduk pada program JKN.

“Per bulan Maret 2023 ini di Kabupaten Nias terdapat 141.063 jiwa atau 96,93 persen penduduk yang telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional. Dan jumlahnya terus bertambah,” ungkapnya.

Dengan jumlah tersebut, hampir seluruh penduduk di Kabupaten Nias telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, baik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Puskesmas maupun rumah sakit swasta.

Sementara itu, Bupati Nias Ya’atulo Gulo saat dihubungi awak media ini melalui pesan singkat WhatsApp berharap masyarakat tidak lagi enggan mengakses layanan kesehatan.

“Dengan UHC nya Kabupaten Nias, saya berharap agar masyarakat tidak segan-segan menggunakan layanan kesehatan lebih intens lagi untuk promosi, prevensi dan kuratif kesehatan demi terwujudnya misi Kabupaten Nias Kesehatan Beranjak,” tulis Bupati Nias.

Orang nomor satu di Kabupaten Nias itu juga mengatakan, pihaknya akan terus melakukan peningkatan layanan kesehatan untuk melindungi masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Nias akan terus bekerja untuk mempertahankan jumlah coverage bahkan meningkatkan lagi coverage menuju 100 persen. Saya juga berharap hal ini didukung pemerintah pusat dan provinsi dengan tetap meneruskan program Penerima Bantuan Iuran (PBI-red) sampai masyarakat benar-benar mandiri membayar iuran BPJS nya sendiri,” harapnya.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Nias menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias komitmen melindungi kesehatan masyarakat dengan tetap mengalokasikan anggaran untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan masyarakat yang tidak mampu demi terwujudnya misi kesehatan masyarakat yang beranjak.

Pada acara UHC Award 2023, Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin pada penyampaian arahannya mengatakan program JKN telah terbukti membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Pemerintah daerah saya minta dapat mengambil peran lebih mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan antara lain para penyandang disabilitas, warga lanjut usia dan masyarakat terlantar,” tuturnya.

“Saya berharap pemerintah daerah juga terus mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui penyediaan fasilitas kesehatan termasuk SDM kesehatan, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang bermutu,” harap Wakil Presiden.

Diakhir penyampaiannya, ia mengajak para kepala daerah untuk terus bersinergi untuk mencapai UHC yang ditargetkan RPJMN 2022-2024 yaitu sedikitnya 98 persen dari total populasi menjadi anggota JKN.

Tampak pada penyerahan penghargaan, Bupati Nias Ya’atulo Gulo menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.[]

Comment