Pemkab Nias Gandeng Satlantas Polres Nias Sosialisasikan Tertib Berlalulintas

Daerah, Kep. Nias70 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias bersama Satuan Lantas Polres Nias melakukan sosialisasi keselamatan lalulintas bagi kelompok usia sekolah di SMK Negeri 1 Saogae’adu, Kabupaten Nias, Selasa (30/4/2024).

Dari penyampaian Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Samson P. Zai menjelaskan jika kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya para pelajar saat mengendarai kendaraan.

“Angka kecelakaan disebabkan berbagai faktor yakni manusia yang disebabkan karena kelalaian, kecerobohan dan ugal-ugalan. Kemudian faktor kendaraan dan faktor lingkungan,” jelasnya.

Samson juga menambahkan, meskipun di jalan telah diterapkan aturan dan ketentuan ataupun marka jalan, namun ia menilai masih belum sepenuhnya dipahami dan ditaati sehingga menimbulkan kecelakaan.

Ditambahkannya, selain itu, seringkali para pelajar menggunakan kendaraan tanpa menggunakan helm dan berboncengan melebihi kapasitas bahkan tidak memiliki surat izin mengemudi.

“Hal ini sangat bertentangan dengan ketentuan keselamatan lalulintas sehingga wajib ditindak tegas dengan tujuan memberikan peringatan agar tidak diulangi kembali,” ucapnya tegas.

Mengakhiri arahannya, Samson berharap agar melalui sosialisasi ini masyarakat dapat terhindar dari potensi kecelakaan, khususnya siswa/siswi sekolah di Kabupaten Nias serta berpesan untuk dapat mematuhi dan menaati aturan-aturan berlalulintas demi masa depan yang lebih baik.[]

Comment