Peran Penting Ergonomi dan Pemeriksaan Kesehatan dalam Upaya Keselamatan Kerja UMKM

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menggelar sosialisasi yang sangat relevan mengenai ergonomi dan pemeriksaan kesehatan terhadap¬† para tenaga kerja di sektor Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Jakarta, Ahad (20/8/2023).

Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan, dengan tegas menjelaskan bahwa penerapan faktor ergonomi di tempat kerja memiliki peran yang sangat penting dalam upaya menjaga Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Dalam upaya untuk memastikan lingkungan kerja yang aman dan sehat, Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 5 Tahun 2018 telah mengatur pengendalian faktor ergonomi sebagai salah satu syarat utama dalam K3 di lingkungan kerja.

Faktor ergonomi sendiri melibatkan berbagai aspek, mulai dari cara kerja, posisi kerja, alat kerja, hingga beban angkat yang dapat berdampak pada kesehatan dan kenyamanan para tenaga kerja.

Tidak hanya mengutamakan aspek K3, penerapan prinsip-prinsip ergonomi ini juga berperan dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

Melalui penerapan yang tepat, diharapkan lingkungan kerja yang ergonomis dapat melindungi keselamatan dan kesehatan para pekerja, termasuk di dalamnya pekerja UMKM yang seringkali bekerja dalam skala yang lebih kecil.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan juga menjadi bagian penting dari acara ini. Proses pemeriksaan kesehatan yang mencakup pengujian pencegahan Penyakit Tuberkulosis (TBC) di tempat kerja menunjukkan komitmen pemerintah dalam menjaga kesejahteraan dan keberlangsungan para tenaga kerja.

Semua langkah ini membuktikan bahwa pemerintah memandang serius aspek K3 dan kesehatan dalam lingkungan kerja, serta mendorong kesadaran akan pentingnya faktor ergonomi dalam menjaga kesejahteraan pekerja.

Secara keseluruhan, acara sosialisasi ini mencerminkan langkah konkret menuju peningkatan K3 dan kesejahteraan pekerja, khususnya di sektor UMKM.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ergonomi dan pemeriksaan kesehatan, diharapkan para tenaga kerja dapat bekerja dalam lingkungan yang lebih aman, sehat, dan produktif. (Lenka)

Comment