PLN UP3 Nias, UP2K Sumut dan DPRD Nias Selatan Tingkatkan Koordinasi Pembangunan Listrik Desa

Daerah, Kep. Nias58 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan bersama PLN UP3 Nias melakukan kunjungan di Kantor PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Sumatera Utara dalam rangka koordinasi dan konsultasi, Rabu (10/1/2024).

Dikutip dari penyampaian Manager PLN UP3 Nias, Revi Aldrian kepada radarindonesianews.com mengatakan bahwa DPRD Kabupaten Nias Selatan menginginkan adanya percepatan pembangunan listrik.

“Ketua Komisi I menyampaikan bahwa diharapkan terjadi percepatan pembangunan listrik pedesaan (Lisdes-red) di Nias Selatan,” ungkap Revi menjelaskan penyampaian DPRD Kabupaten Nias Selatan.

Lebih lanjut disampaikan Revi, menyikapi hal tersebut Manager UP2K Sumatera Utara, Bachtiar mengatakan jika hampir 90 persen pembangunan Lisdes untuk wilayah Sumatera Utara dipusatkan di Kepulauan Nias.

“Terdapat beberapa tantangan dalam melakukan pembangunan Lisdes ini, salah satunya seperti akses, sehingga harus mentransportasikan material secara manual dan kemudian komitmen pembebasan lahan Namun kendati demikian, UP2K secara periodik memastikan pembangunan Lisdes di Nias,” kata Revi.

“Dikesempatan tersebut kita juga menyampaikan permohonan bantuan dari DPRD Nias Selatan untuk juga membantu menyampaikan kepada Pemerintah Daerah terkait akses jalan ke desa atau dusun untuk dibangun, karena setelah dibangun, kegiatan operasi dan pemeliharaan berada di UP3 Nias, sehingga membutuhkan askes jalan yang memadai,” sambung Revi.

Diketahui hasil dari pertemuan tersebut, PLN UP3 Nias dan UP2K secara bersama-sama akan melakukan pemantauan dan percepatan yang dibutuhkan dalam pembangunan Lisdes.[]

Comment