by

Proses Kreasi Kaos Tie Dye Bleaching

 

Oleh:Aisyah

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Salah satu style fashion yang sempat sangat populer di tengah masyarakat hingga saat ini. Stye Fashion ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu, tetapi kembali populer di masa pandemi pada awal bulan Maret.

Awal mula kembalinya trend ini berawal dari salah satu media sosial yang menampilkan si pemilik akun mengenakan kaos tie dye. Kemudian mulailah orang-orang mulai mengikuti style fashion tersebut.

Apa itu Tie Dye ?
Tie dye atau disebut ikat celup. Tie memiliki arti ikat/tali, sedangkan dye memiliki arti celup(an). Sehingga apabila diterjemahkan secara keseluruhan tie dye berarti ikat celup.

Tie dye atau ikat celup adalah salah satu seni kerajinanan yang dimiliki oleh Indonesia dan masih dijaga serta dilestarikan sampai saat ini.

Tie dye atau ikat celup di Indonesia adalah kegiatan seperti membatik namun tidak menggunakan malam sebagai bahan perintangnya dan menggunakan tali yang berfungsi merintangi warna masuk ke serat kain.

Ciri khas dari tie dye adalah motif yang dihasilkan seringkali memunculkan efek yang tidak terduga dan terkadang tidak bisa diulangi kembali meski menggunakan teknik yang sama.

Inilah yang menjadi teknik dalam tie dye selalu berkembang dan sangat potensial untuk terus dikembangkan serta digali secara terus-menerus tanpa mengenal batas dari teknik dasar yang sudah ada dan yang biasa digunakan sebelumnya.

Berbagai macam teknik dalam pembuatan tie dye antara lain, teknik jumput, gulung, jelujur dan limpit. Dari berbagai macam motif yang dihasilkan dari teknik-teknik tersebut bisa dilihat dari beberapa produk yang sudah banyak beredar di masyarakat. Beberapa produk tie dye antara lain seperti kaos, daster, setelan baju atasan dan bawahan, masker, sprei, dll.

Pewarnaan dalam pembuatan tie dye atau ikat celup dapat menggunakan pewarna sintetis dan pewarna alami.

Pewarna alam di dapat berasal dari tumbuhan dan hewan, seperti pewarnaan yang berasal dari pohon nila, kulit pohon soga tingi, kayu tegeran, kunyit, teh, akar mengkudu, kulit soga jambal, kesumba, daun jambu biji. Sedangkan pewarna sintetis yang sering digunakan yakni remasol, naptol dan indigosol.

Pewarnaan dalam tie dye atau ikat celup sering dilakukan dengan memadukan colet dan celup untuk mendapatkan kain dengan corak yang bervariasi.

Namun ada teknik lain yang dapat memunculkan motif seperti tie dye atau ikat celup biasanya adalah dengan menggunakan teknik bleaching. Teknik ini bisa dikatakan teknik yang tidak perlu mencari bahan apabila tidak bisa menjangkau tempat penjualan pewarna atau mencari warna.

Bleaching berasal dari kata bleach yang memiliki arti memutihkan, mengelantang, menghilangkan, warna. Untuk itu teknik bleaching pada kain bertujuan untuk menghilangkan pigmen alam, sehingga akan memunculkan warna putih kekuningan/coklat kekuningan pada kain.

Tie dye atau ikat celup teknik bleaching pada kain jenis denim biasanya akan memunculkan warna agak kekuningan, sedangkan pada kain katun akan berwarna coklat kekuningan.

Namun juga ada yang memunculkan corak berwarna putih, hal itu juga dipengaruhi bahan dari kain tersebut.

Teknik bleaching ini bisa dikatakan teknik untuk memudahkan orang-orang yang ingin membuat motif tie dye atau ikat celup jika tidak memiliki pewarna sintetis atau pewarna alam.

Sehingga mereka tidak perlu susah-susah mencari pewarna, apalagi di masa pandemi ini. Jadi cukup menggunakan produk pemutih baju, sudah bisa menghasilkan karya tie dye atau ikat celup sendiri sesuai dengan kekreatifitasan masing-masing individu.

Bagaimana cara membuat Tie dye atau ikat celup bleaching?

Cara membuatnya sebenarnya sama dengan langkah-langkah dalam pembuatan tie dye atau ikat celup yang menggunakan pewarna sintetis atau pewarna alam.

Bedanya hanya ini menggunakan produk pemutih dan tidak di celup tapi di semprotkan ke media yang ingin di beri motif bleaching.

Beberapa contoh produk yang menggunakan teknik bleaching beserta penjelasan pembuatannya.

1. Teknik bleaching pada kaos. Pilihlah kaos yang berbahan katun, untuk warna lebih baik yang berwarna gelap agar motif bleaching yang dimunculkan lebih terlihat jelas. Namun apabila ingin warna yang soft juga tidak masalah. (Sesuaikan dengan keinginan).

– Siapkan alatnya, seperti : gunting, tali/karet, botol spray dan sarung tangan apabila tidak ingin tangan terkena pemutih baju.

Langkah pembuatan kaos tie dye atau ikat celup dengan teknik bleaching :

– Tentukan motif yang ingin diciptakan, bisa juga abstrak.

– Kemudian jumput/lipat/gulung kaos yang ingin dibleaching.

– Tali/ikat kaos dengan rafia/benang/karet supaya motif yang akan dibuat pada kaos tidak lepas dan masih membentuk motif.

– Jika sudah ditali/ikat, semprotkan pemutih pada kaos secara acak sesuai yang di inginkan untuk di beri pemutih.

– Tunggu beberapa menit hingga dirasa pemutih sudah masuk ke dalam serat-serat kaos terdalam jumputan/lipitan/gulungan.

– Kemudian buka ikatan pada kain dan tunggu hingga benar-benar kering.

– Sebelum dikenakan, alangkah lebih baik apabila dicuci terlebih dahulu.
Kaos tie dye motif bleaching kreasi sendiri sudah siap dikenakan sebagai outfit anda


Sumber. 1 Pinterest

 


Sumber. 2 Pinterest

Seperti yang terlihat dicontoh gambar di atas, bisa dilihat warna yang dihasilkan pada kaos warna hitam menjadi putih ke coklat kekuningan.

2. Teknik bleaching Pada Celana Denim
– Pilihlah celana denim yang ingin dj bleaching, pakai saja celana denim bekas yang sudah jarang dipakai supaya tidak perlu untuk membeli yang baru.
– Siapkan alatnya, seperti : gunting, tali/karet, botol spray dan sarung tangan apabila tidak ingin tangan terkena pemutih baju.

Langkah pembuatan celana tie dye atau ikat celup dengan teknik bleaching :

– Tentukan motif yang ingin diciptakan, bisa juga abstrak.

– Kemudian jumput/lipat/gulung celana yang ingin dibleaching.

– Tali/ikat celana denim dengan rafia/benang/karet supaya motif yang akan dibuat pada celana tidak lepas dan masih membentuk motif.

– Jika sudah ditali/ikat, semprotkan pemutih pada celana denim secara acak sesuai yang di inginkan untuk di beri pemutih.

– Tunggu beberapa menit hingga dirasa pemutih sudah masuk ke dalam serat-serat celana terdalam jumputan/lipitan/gulungan.

– Kemudian buka ikatan pada celana dan tunggu hingga benar-benar kering.

– Sebelum dikenakan, alangkah lebih baik apabila dicuci terlebih dahulu.
Celan denim tie dye motif bleaching kreasi ssndiri sudah siap dikenakan sebagai outfit anda.


Sumber 3. Pinterest

Dilihat dari contoh gambar, hasil bleaching an pada kain denim dapat menimbulkan corak berwarna putih.

Di atas adalah langkah-langkah untuk membuat tie dye atau ikat celup dengan teknik bleaching, langkah tersebut juga sama dalam pembuatan produk masker, daster, setelan baju, dll.

Demikian proses kreasi dalam pembuatan tie dye atau ikat celup teknik bleaching, semoga pembahasan ini dapat bsemanfaat bagi pembaca dan membuat pembaca untuk menghasilkan karya selama masa pandemi Covid-19.[raaib]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + eight =

Rekomendasi Berita