by

Soal Administrasi Partai Buruh, Said Iqbal: Rampung  Dalam 10 Bulan Dan Lolos Verifikasi Pemilu 

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Pimpinan Partai Buruh, Said Iqbal turut apresiasi sembari menyampaikan beberapa hal pasca tim formatur partai buruh.

“Penyusunan kepengurusan Partai Buruh periode 2021 hingga 2026 telah terbentuk pasca deklarasi Partai Buruh beberapa waktu lalu yang digelar di Hotel Gran Cempaka.” Demikian ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (08/10/2021).

Adapun, ungkap Presiden Buruh tersebut menjelaskan, di Partai Buruh bakal tergabung warga bermata pencaharian sebagai supir, pedagang UMKM, koperasi, ibu tukang jamu gendong, tukang ojek, pekerja ternak, tergabung dalam basis konstituensi ini akan dilibatkan tentunya dalam tatanan perjuangan antar kelas.

“Susunan kepengurusan Partai buruh, di dalamnya ada Komite eksekutif, atau dikenal eksekutif komite periode 2021 hingga 2026, Ketua Majelis Rakyat, Soni Pudjisasono. Lalu, Ketua Majelis Nasional,” ujar Iqbal menerangkan pengumuman susunan pengurus lengkap Partai Buruh.

Said Iqbal mengatakan bahwa ada sekitar 25 bidang, di ketua seorang Ketua dan seorang Sekretaris yang mana namanya Deputi Bidang seperti Ketua bidang, pemenangan Pemilu disanding oleh Ilhamsyah, Ketua bidang kesekretariatan dan keanggotaan, Mirah Sumirat. Ketua bidang program dan Diklat, Mujahid dengan sekretariat Hasan. Ketua Bidang Buruh Upah dan Jamsos serta Perumahan Rakyat, Nani Husnaini. Ketua bidang Tani, Nelayan, Agraria. Lalu, Ada ketua bidang Mahasiswa, Pelajar, dikhususkan dikarenakan pemilih potensial yang patut dilindungi hak hak nya oleh partai buruh. Sementara, Ketua bidang olahraga, seni dan pariwisata, Sabda Pranawajati. Ketua bidang, buruh Migran dan Lita Anggraini, dengan sekretaria Ita Laila Budiman

Susunan pengurus dan AD/ART Partai Buruh di tingkat Nasional hasil kongres lanjutnya akan dilaporkan ke Kemenkumham dalam bentuk Akte Notaris.

“Ada berisikan kepengurusan, yang kami sebutkan tadi, dan AD/ART hasil kongres. Setelah diperiksa verifikasi, daripada susunan kepengurusan dan administrasi serta AD/ART kemudian Kemenkumham mensahkan.” Jelasnya.

Hasil kongres 4 – 5 Oktober 2021 merupakan kelanjutan Partai Buruh yang sempat tidak aktif, dan dilanjutkan oleh Pak Sony.

“Kami berharap, ini bisa selesai paling lambat dua Minggu. InsyaAllah akan ditandatangani oleh menteri hukum dan HAM RI, Yasona Laoly.” Terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sonny Pudjisasono menjelaskan, diperkirakan 11 Agustus 2022 setiap partai kalau mendaftarkan diri, dan berpartisipasi dalam pemilu akan muncul. Dalam hal ini, Partai Buruh masih mempunyai sepuluh bulan, persiapan administrasi terkait kelolosan verifikasi KPU. Kepengurusan 100 persen propinsi, dan atau 34 propinsi.

Iqbal menambahkan, keanggotaan seribu orang, atau 1/1000 dari jumlah orang, dalam satu kabupaten / kota. Posisi Partai Buruh, dari satu bulan hingga kongres hari ini kepengurusan di Propinsi sudah seratus persen. Lalu kepengurusan di Kabupaten / Kota Partai Buruh sudah mencapai 80 %, dari kota Kabupaten. Walaupun ada 3 propinsi, saat ini hanya belum terpenuhi baru sekitar 71-72 persen saja.

Di samping itu, lanjut Iqbal menambahkan, untuk di tingkat kecamatan pihak KPU mewajibkan mesti sebanyak 3.621 kecamatan terisi.  Partai Buruh sudah memiliki Kepengurusan KPU 1.650 kecamatan, atau sekira 40% terpenuhi.

“Setidaknya kelompok Petani, Nelayan, Ojol. Dimana buruh dan anggota yang total basis konstituennya sudah capai kisaran 10 juta. Konstituen merasakan, untuk memenuhi Presidential Treshold di tahun 2022,” kata Iqbal, saat jumpa pers di kantor Partai Buruh, berlokasi di gedung FSPMI, Pondok Gede Kramatjati, Jakarta Timur.

Iqbal mengatakan, di beberapa negara lain partai buruh Norwegia, Finlandia, Inggris, Australia, juga tergabung dalam partai buruh sedunia.

“Jadi, kekuatan jaringan Internasional pun akan kami gunakan, jikalau Partai Buruh lolos verifikasi KPU,” Ujarnya.

Iqbal menambahkan,  Partai Buruh adalah the working class, dan atau partai pekerja yang berbasis tekhnologi IT yang membantu membangun tools secara modern.

“Baik kawan kawan milenial, meskipun tidak lagi muda. Dimana para nelayan, guru, bidan, art/art, ibu ibu jamu gendong, tukang ojek, kaum miskin kota/desa, pemulung mereka memiliki aplikasi handphone dan kedepan akan menggunakannya,” kemuka Iqbal seraya menjelasan apa yang membedakan Partai Buruh dengan partai yang lain.

Partai Buruh dalam waktu dekat, bersama badan pendiri Partai dan konstituen Buruh akan berjuang terkait issue issue kerakyatan. Bersama partai Buruh, akan berjuang menolak Omnibus Law, UU Cipta Kerja yang diperjuangan di MK saat ini. Lalu, partai buruh akan melakukan kerja kerja nyata bersama Pemerintah dengan basis pengurangan pandemik covid 19 tentunya.

Partai buruh memastikan bahwa penyelenggaraan Pemilu yang Jurdil dan berwibawa. Simpatisan partai buruh menyakinkan agar pemilu ke depan berjalan dengan jujur, adil dan berwibawa. Juga issue issue tentang kedaulatan pangan, tentang impor, kader serikat tani dan nelayan. Guru honor yang belum jelas, diharapkan menjadi memperoleh hak nya sebagaimana mestinya. Lalu, Bersama kawan buruh migran, baik asisten rumah tangga (art) akan menjadi kawan kawan kami ke depan.

“Harapan basis konstituen kami, inilah partai alternatif yang bertumpu pada lapangan kerja, pada pajak. Pada jaminan sosial. Petani kami harapkan peroleh pupuk yang murah, nelayan memperoleh bahan bakar yang murah, para buruh memperoleh perumahan yang murah dan layak huni,” Tutupnya.[]

Comment

Rekomendasi Berita