by

Tegakkan Kepatuhan Badan Usaha, BPJS Kesehatan Gandeng Dinas Perizinan Kabupaten Nias

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Dalam rangka memastikan setiap pekerja terlindungi oleh Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli gandeng Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PPTSP) Kabupaten Nias.

Sinergi ini diperkuat melalui pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli dengan DPM-PPTSP Kabupaten Nias, Senin (2/12).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Harry Nurdiansyah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya secara serius akan menjalin koordinasi dengan DPM-PPTSP Kabupaten Nias, guna memastikan setiap pekerja telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS.

“Secara serius dan berkesinambungan, kami akan menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, khususnya organisasi pemerintah daerah yang secara langsung dapat meningkatkan kepatuhan badan usaha dalam menjalankan kewajibannya yaitu jaminan sosial kepada para pekerja. Kewajiban pemberi kerja dalam memberikan perlindungan jaminan kesehatan kepada para pekerja, telah diatur dalam ketentuan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS, Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administrasi,” tuturnya kepada peserta pertemuan.

Lebih lanjut Harry menyampaikan bahwa upaya penegakan kepatuhan badan usaha, membutuhkan kerjasama yang kuat antar lembaga, baik dari segi komunikasi, koordinasi dan komitmen yang kuat dari para pihak yang terlibat.

“Peraturan Pemerintah Nomor 85 Tahun 2013 tetang Tata Cara Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, mengamanatkan agar BPJS Kesehatan menjalin kerjasama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Kami menyadari kesuksesan dan keberlangsungan program JKN-KIS, hanya akan terwujud jika terjalin kerja sama yang kuat dengan para pihak. Untuk itulah BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli menjalin kerjasama dengan DPM-PPTSP Kabupaten Nias, yang tujuannya untuk memastikan kepatuhan badan usaha dalam era JKN-KIS,” pungkasnya.

Kepala DPM-PPTSP Kabupaten Nias, Ingati Sihura menyampaikan bahwa pihaknya akan siap memberikan bantuan penegakan kepatuhan bagi badan usaha yang tidak patuh terhadap regulasi tentang JKN-KIS yang berlaku.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap agar penegakan kepatuhan badan usaha di Kabupaten Nias dapat meningkat. Kami menyadari bahwa jumlah badan usaha yang ada di Kabupaten Nias, tidak sebanyak kabupaten kota lainnya yang ada di Kepulauan Nias. Namun, melalui perjanjian kerjasama ini kami berharap mampu menjawab kebutuhan hukum di masa kini dan masa yang akan datang, karena kami berharap dengan perjanjian ini para pekerja mendapat hak jaminan sosial sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami siap bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk menengakkan ketentuan, melakukan sosialisasi bersama, dan melakukan proses pemeriksaan badan usaha bersama,” tutupnya. (Albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =

Rekomendasi Berita