Terima Penghargaan Dari Kemenkes RI, Pemkab Nias Dinilai Berhasil Kendalikan Malaria

Daerah, Kep. Nias66 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Nias menjadi salah satu dari 17 Kabupaten dan Kota yang mendapatkan sertifikat eliminasi malaria karena dianggap berhasil (memenuhi syarat) mengendalikan malaria.

Dilansir dari akun resmi Facebook Pemerintah Kabupaten Nias, sertifikat ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Nias, Arota Lase pada puncak peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS), bertempat di Ruang Auditorium Siwabessy, Gedung Prof. dr. Sujudi, Kementerian Kesehatan RI Jl. H.R. Rasuna Said Blok X5 Kav 4-9 Jakarta Selatan, Senin (24/6/2024).

Kegiatan yang bertajuk “Mempercepat Perang Melawan Malaria Untuk Dunia Yang Lebih Adil” ini pun diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memperkuat pemahaman tentang malaria.

Malaria merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh parasit plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles betina.

Gejala yang akan muncul pada penderita malaria biasanya demam, menggigil, sakit kepala, pegal linu. bahkan jika tidak ditangani dengan tepat dapat mengakibatkan kematian.

Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi kepada Kabupaten dan Kota yang telah berhasil mengendalikan malaria, Menteri Kesehatan RI melalui Wakil Menteri nya, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono menyerahkan sertifikat eliminasi malaria kepada para kepala daerah terpilih.[]

Comment