by

TKPPD Covid-19 Resort 3 BNKP Gelar Sosialisasi, Wabup Nias Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Baru

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Tim Khusus Penanggulangan dan Penanganan Dampak Covid-19 Resort 3 BNKP menggelar sosialisasi penanganan Covid-19 dan penerapan New Normal kepada para Jemaat se-Resort 3 BNKP.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Gereja BNKP Gracia, Desa Hilizoi, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias tersebut tampak dihadiri Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu selaku narasumber.

Dalam pemaparannya, orang nomor dua di Kabupaten Nias itu menjelaskan awal mula adanya pasien Covid-19 di Indonesia.

“Pada 2 Maret 2020 lalu, Indonesia mengumumkan 2 kasus konfirmasi Covid-19, dan pada 11 Maret, WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi. Hal ini kemudian ditanggapi serius oleh Pemerintah dengan mengeluarkan Keppres Nomor 12 tahun 2020 yaitu bencana non-alam yang diakibatkan oleh penyebaran Covid-19 sebagai bencana Nasional,” jelas Wabup.

“Sampai dengan tanggal 17 Juni 2020, belum ada kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Nias, tetapi ada satu di Kepulauan Nias yaitu di Kota Gunungsitoli,” tuturnya lebih lanjut.

Ia menambahkan, virus Covid-19 dapat dicegah dengan sering mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menerapkan etika batuk dan bersin serta menghindari kontak langsung atau dekat dengan pasien Covid-19 atau siapapun yang menunjukkan gejala penyakit pernafasan seperti batuk dan bersin.

Dikesempatan itu, menyikapi kejadian pandemi Covid-19, Wakil Bupati Nias menghimbau para peserta sosialisasi untuk mengajak jemaat membiasakan diri dengan pola hidup baru.

“Istilah New Normal (Tatanan Hidup Baru) muncul di Indonesia setelah Presiden Joko Widodo menegaskan masyarakat harus bisa berkompromi, hidup berdampingan dan berdamai dengan Covid-19 agar tetap produktif. Kebijakan ini diharapkan dapat membentuk pola hidup baru, mari kita membiasakan diri kita,” imbuhnya.

Diakhir pemaparannya, Arosokhi mengajak semua pihak dapat berperan serta dalam pencegahan Covid-19 dan pada penerapan new normal, Ia berharap masyarakat tetap dapat hidup produktif serta dapat meminimalisir resiko dan dampak Covid-19.

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − one =

Rekomendasi Berita