by

Agar Persipal Tampil Di Kancah Nasional, Ronny Tanusaputra Siap Bangun Sekolah Sepak Bola

 

RADARINDONESIANEWS.COM, SULTENG –Persipal (Persatuan Sepak Bola Palu), mulai berbenah dan siap bangkit kembali dengan sistem manajerial dan struktur kepengurusan baru.

Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, Ketua Umum Persipal, menyerahkan dana bantuan kepada Persipal Palu dan KONI Sulteng, Jumat (30/7/2021) lalu.

Bantuan tersebut berasal dari para donatur yang dikoordinir oleh Dinas ESDM Provinsi Sulteng.

Rusdy Mastura mengatakan, Persipal merupakan klub sepakbola kebanggaan masyarakat Sulawesi Tengah dan akan kembali harum namanya seperti di era Tahun 1975.

“Eksistensi Persipal ke depan harus dikembalikan, berjaya di kancah nasional,” tandas Rusdy Mastura.

Ia menambahkan, untuk mencapainya, dibutuhkan tangan-tangan profesional. Salah seorang yang ditempatkan Rusdy Mastura adalah pengusaha, yakni Ronny Tanusaputra, sebagai Ketua Harian Persipal.

Sebagai Tenaga Ahli Bidang Ekonomi dan Investasi Gubernur Sulteng, Ronny diharapkan dapat membenahi sistem manajerial Persipal. Termasuk perbaikan markas sebagai pusat latihan di Stadion Gawalise, lapangan, serta menyiapkan kebutuhan-kebutuhan pemain. Begitu juga upaya teknis pengembangan para pemain muda Persipal.

“Sesuai keinginan bapak ketua umum saya ditugaskan untuk membenahi banyak hal. Termasuk persiapan pembinaan terhadap para pemain, termasuk pemain-pemain muda Persipal,” kata Ronny Tanusaputra.

Khusus untuk pembinaan pemain muda Persipal ke depan akan dibentuk menjadi generasi pemain Persipal yang handal. Ronny sudah memiliki beberapa agenda, salah satunya akan membuat Akademi Sepak Bola Persipal.Menurut Ronny, modelnya akan meniru klub sepak bola ternama di Spanyol, Barcelona FC, untuk meningkatkan kualitas pemain Persipal. Manajemen Persipal merencanakan membangun Akademi Sepak Bola Persipal dan Sekolah Sepak Bola (SSB) Persipal.

“Persipal punya impian ingin maju setara klub klub besar liga 1 di Indonesia yang memiliki akademi dan SSB seperti Persebaya, Arema, Persija dan klub papan atas di Indonesia. Sesuai Keinginan Ketua Umum Persipal Rusdy Mastura, manajemen Persipal harus maju dan modern dengan memiliki SSB dan Akademi,” kata Rony.

Ronny mengungkapkan dan optimis bahwa mimpi Ketua Umum Persipal Rusdy Mastura bisa diwujudkan.

Persipal pada masanya di tahun 1975 seringkali dijadikan rujukan klub sepak bola dunia dengan hadirnya klub internasional ke Palu.

“Tidak ada yang tidak mungkin. Pertama harus dilakukan terlebih dahulu, diwujudkan niat itu,” tegas Ronny.

Menurutnya, SSB dan Akademi Persipal dijadikan sebagai pembibitan pemain sepak bola dari usia dini hingga remaja.
Namun khusus Akademi punya misi khusus mempersiapkan pemain masa depan Persipal yang sudah siap dengan multi talentanya.

Ke depan, dengan pola manajemen Persipal yang modern ini akan menjadikan pesepakbola Palu menjadi pesepakbola yang handal dan sepak bola di Kota Palu bisa jaya kembali.

“Tentu dengan segala perencanaan yang matang dan dukungan berbagai pihak termasuk masyarakat Sulteng untuk sama-sama memberikan dukungan kemajuan klub Persipal,” pungkasnya.[Satrio]

Comment