by

Bangun Wilayah Wisata Dan Budaya, Lurah Duren Seribu Kota Depok, Galakkan Kampung Tematik

 

RADARINDONESIANEWS.COM, DEPOK —  Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojong Sari Kota Depok bertekad galakkan kampung tematik dengan membangun wilayah berbasis wisata dan budaya menjadi potensi kampung wisata dan budaya.

Melihat potensi tersebut, Kelurahan Duren Seribu secara perlahan akan mendorong potensi tersebut untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Lurah Duren Seribu, Suhendar mengatakan, Kelurahan Duren Seribu sedang menyiapkan proyeksi untuk menjadikan wilayahnya sebagai Kampung Tematik Wisata dan Budaya.

Pasalnya, setelah mengunjungi sejumlah tokoh masyarakat dan melihat secara langsung lingkungan masyarakat, maka muncul gagasan untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kami ingin mendorong potensi Duren Seribu ke Pemkot Depok,” ujar Suhendar ,jumat (17/6/2021).

Suhendar menambahkan, potensi Kampung Tematik  dijadikan inovasi Kelurahan Duren Seribu ini dalam rangka mempercepat proses pembangunan, baik infrastruktur, budaya maupun ekonomi masyarakat dengan mengangkat potensi kearifan lokal yang sebelumnya kurang berdaya kita berdayakan dan yang tadinya lingkungan tidak tertata kita tata, masing -masing bersaing.

Suhendar mejelaskan ke unggulan Duren Seribu (Duser)itu juga mempunyai potensi wilayah yang beraneka ragam, maka dirinya meletakan kampung – kampung tematik itu sesuai wilayah.

Menurutnya hampir 70 persen warganya memiliki usaha ikan hias tetapi belum terkelola dengan baik.

“Saya tetapkan kampung Tematik ikan hiyas nanti, secara kelembagaan kita bentuk kelompok -kelompok,untuk mempermudah bantuan dari pemerinta baik pemerinta Kota Depok, Provinsi maupun Pusat.” Tuturnya.

Suhendar menyebutkan, Wisata dan budaya yang diunggulkan yakni keberadaan Kampung Tematik Kuliner. RW 02 ini masyarakatnya lebih dominan pada usaha kuliner dodol sedangkan RW 03 dijadika Kampung Tematik Olaraga dan keberadaan taman Herbal ada di titik RW 04, dan Kampun Betawi.

Potensi kampung wisata dan budaya secara tidak langsung akan mendatangakan pengunjung yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Dengan kedatangan pengunjung tersebut masyarakat sekitar dapat memperkenalkan olahan makanan maupun ciri khas makanan yang berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.”ujarnya.(gi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 9 =

Rekomendasi Berita