Camat Hiliduho Paparkan 10 Poin Pokok Permasalahan Kepada Wabup Nias, Berikut Rinciannya

Daerah, Kep. Nias98 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Bertempat di Aula Kecamatan Hiliduho, Kamis (11/1/2024), Wakil Bupati Nias Arota Lase membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Nias dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Dari laporan Sekretaris Camat Hiliduho, Srimart Yanto Telaumbanua dihadapan para peserta Musrenbang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi memajukan Kecamatan Hiliduho.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun musyawarah terkait tahapan pembangunan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, membangun sikap partisipatif masyarakat dalam mendukung dan menyepakati prioritas pembangunan di Kecamatan Hiliduho,” ujar Sekcam.

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Nias, Otoni Gea dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Nias yang melaksanakan Musrenbang lebih awal.

“Kami apresiasi Musrenbang ini dapat dilakukan lebih awal. Mari kita bermusyawarah untuk menentukan pembangunan skala prioritas Kecamatan Hiliduho,” ajak Otoni.

Dikesempatan tersebut, menyikapi suasana pesta demokrasi, Anggota DPRD Kabupaten Nias dari Fraksi Golkar itu juga menghimbau masyarakat untuk berpolitik santun.

“Kami menghimbau kita semua, kalau bisa mari kita berpolitik santun dan bersaing secara sehat. Mari memilih wakil kita nanti kedepan yang bisa dan mampu,” ucap Otoni.

Masih di kegiatan yang sama, Wakil Bupati Nias Arota Lase pada arahannya menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan Musrenbang adalah sebagai media penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan kegiatan prioritas pemerintah desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di kecamatan.

“Yang menjadi fokus pembangunan adalah pengembangan kewirausahaan dan stabilisasi ekonomi kerakyatan menuju kemandirian ekonomi yang berkelanjutan,” ujar Arota.

“Pembangunan ekonomi harus berbasis kerakyatan dan potensi unggulan daerah meliputi pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan, pariwisata yang didukung oleh pemberdayaan koperasi dan UMKM,” ucapnya lebih lanjut.

Dari pemaparan Camat Hiliduho, Elman Perwira Putra Nazara dihadapan Wakil Bupati Nias menyampaikan pokok permasalahan di wilayah yang dipimpinnya.

Berikut rincian permasalahan pembangunan di Kecamatan Hiliduho:

1. Di sepanjang ruas jalan di wilayah Kecamatan Hiliduho masih terdapat jalan berlubang lubang, dan tanah longsor.

2. Beberapa Desa masih membutuhkan pembangunan Jembatan/box culvert.

3. Kondisi tanah yang bergelombang sampai berbukit dan rawan longsor, sehingga pembangunan berbagai infrastruktur memerlukan biaya yang tinggi (bangunan pendukung).

4. Terdapat hunian masyarakat yang termasuk kategori rumah kumuh, sehingga kurang memenuhi standar kelayakan.

5. Meningkatnya penyakit ternak babi di Kecamatan Hiliduho yang mengakibatkan kematian ternak babi, sehingga berdampak besar terhadap ekonomi masyarakat, khususnya para peternak babi.

6. Harga komoditi yang rendah terutama harga karet, yang merupakan komoditas utama.

7. Masih ada unit sekolah yang memerlukan rehabilitasi dan renovasi gedung Sekolah Dasar Negeri.

8. Penyediaan sarana dan prasarana pendukung pendidikan utamanya perpustakaan, laboratorium, meublair, toilet sekolah dan pagar sekolah.

9. Perlu peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas/Pustu maupun Poskesdes.

10. Perlu adanya pemasangan lampu penerangan jalan dibeberapa ruas jalan di Kecamatan Hiliduho.

Untuk diketahui, Pemerintah Kecamatan Hiliduho telah menyampaikan 98 usulan, dan setelah dilakukan verifikasi hanya menyisakan 81 usulan lagi.[]

Comment