Jokowi  Dikabarkan Segera Resmikan Bendungan Paselloreng Dan Gilireng Di Kabupaten Wajo

Nasional319 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, WAJO – Tangan dingin duet Bupati dan Wakil Bupati, Amran Mahmud-Amran, S.E, membangun Kabupaten Wajo terus membuahkan hasil.

Geliat pembangunan mulai tampak dan terasa, termasuk dari segi infrastruktur.

Meski dampak pandemi Covid-19 memaksa semua daerah di Indonesia, termasuk Pemkab Wajo harus melakukan refocusing anggaran untuk penanganan virus mematikan itu, namun Wajo tetap memperhatikan berbagai sektor, seperti pembangunan infrastruktur.

Selain pembangunan dan perbaikan jalan yang terus digenjot selama dua tahun terakhir, berbagai pembangunan infrastruktur yang sempat terhenti juga dilanjutkan atau dikawal di era kepemimpinan duo Amran dan segera difungsikan dalam waktu dekat.

Seperti Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng di Kecamatan Gilireng yang kini pembangunannya sudah memasuki tahap akhir.

Proyek strategis nasional itu bakal mengairi ribuan hektar lahan persawahan di Kecamatan Gilireng, Sajoanging, Penrang, dan sebagian Majauleng. Sesuai rencana segera diresmikan bersamaan dengan Bendung Gilireng.

Sekadar informasi, Bendungan Paselloreng merupakan daerah genangan yang terletak di Desa Paselloreng.

Sementara, Bendungn Gilireng berlokasi di Desa Arajang, fungsinya sebagai pintu air yang akan mengairi lahan persawahan.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengatakan proyek strategis nasional ini dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Bumi Karsa, yang menelan anggaran Rp793 miliar.

Jika tidak ada aral melintang, kedua bendungan itu rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Terkait rencana itu, Bupati Wajo sudah menghadap ke Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, beberapa waktu lalu.

“Kemungkinan besar Presiden RI, Joko Widodo, yang langsung meresmikan tapi kepastian resminya, kita masih menunggu konfirmasi lebih lanjut. Sekarang masih tahap komunikasi dengan Pak Presiden,” kata Amran Mahmud, Selasa (22/6/2021).

Meski demikian, Amran Mahmud mengakui bahwa proyek yang mulai dilaksanakan sejak 2015 lalu itu masih menemui kendala, yakni pembebasan lahan. Terlebih lagi, lahan masyarakat yang berbatasan dengan kawasan hutan memerlukan kehati-hatian dalam proses pembebasannya.

Namun, Amran Mahmud meyakini persoalan itu akan clear sebelum bendungan tersebut nanti diresmikan.

“Kami optimis permasalahan pembebasan lahan pada pembangunan Bendungan Paselloreng ini akan selesai sebelum proyek ini diresmikan,” ucap Amran Mahmud yakin.

Amran Mahmud berharap, dengan selesainya pembangunan Bendungan Paselloreng dan Gilireng, dapat mendukung program pertanian yang tengah digalakkan.

“Dengan berfungsinya Bendungan Paselloreng ini, sebanyak 8.510 hektar lahan persawahan yang akan terairi sehingga akan terjadi peningkatan produksi dan tentunya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Perlu diketahui, selain untuk pengairan, Bendungan Paselloreng juga berfungsi sebagai penyedia air baku, reduksi banjir, konservasi sumber daya air, dan pengembangan kawasan wisata. (DI/I)

Comment