Kampung KB, Kampung Keluarga Berkualitas

Nasional93 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Kampung KB diperluas maknanya bukan sekedar kampung Keluarga Berencana. Karena kalau keluarga berencana kesannya hanya terkait dengan persoalan kontrasepsi.

Demikian dikatakan dr Hasto Wardoyo, S.pOG saat wawancara di Gedung BKKBN, Jl. Permata 1, Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur,  Kamis (20/6/2024).

Hasto menegaskan, kalau keluarga berkualitas, banyak hal yang bisa dilakukan termasuk masalah stunting. Kita memikirkan penduduk bukan hanya dari segi kuantitas. Dulu kita tertatih tatih mengurusi masalah kuantitas dengan konsep dua anak saja.

“Sekarang kita lebih memikirkan persoalan kualitas seperti tidak stunting, sehat fisik dan rohani.” Ujarnya.

Dari situlah kemudian tambah Hasto, BKKBN memperluas cakupan kampung KB menjadi Kampung Keluarga Berkualitas.

Dalam kesempatan yang sama, Lina Widyastuti, SKM, MAPS.
Direktur Pelaporan dan Statistik BKKBN mengatakan bahwa Kampung KB sudah ada di 34 Provinsi dengan jumlah terbanyak di Banyuwangi, Jawa Timur.

“Kampung KB di Banyuwangi terbaik” ujarnya.

Terkait hal ini Kepala BKKBN telah mengupayakan untuk mendapatkan inpres Kampung KB No.3 Tahun 2023 sebagai penguat.

Dengan adanya inpres ini lanjutnya, maka semua desa dan kelurahan di indonesia ini mesti membangun kampung Keluarga Berkualitas dengan unit terkecil keluarga.

“Kalau keluarga dibangun dan berkualitas maka masyarakat akan maju. Bangsa yang unggul dibangun dari keluarga yang berkualitas.” Imbuhnya.[]

Comment