by

Kepedulian Dan Empathi Bagian Dari Jihad

 

 

Oleh: Fury Qonzano, Jurnalis

__________

RADARINDONESIA NEWS.COM, JAKARTA — Kepedulian atau care merupakan salah satu ajaran Rasulullah SAW yang sangat penting apa lagi dalam situasi kesulitan massif yang terjadi belakangan ini. Semua lapisan masyarakat mengalami kesulitan dalam berbagai hal.

Dalam QS 61: 11 Allah SWT menyebut kata amwal (harta) sebelum anfus (jiwa) sebagai jalan jihad dalam konteks universal. Ini menunjukkan betapa penting amwal dalam sebuah amal jihad tersebut.

Dalam konteks kekinian, fenomena himpitan ekonomi yang semakin sulit menjadi ladang jihad sosial bagi masyarakat apa lagi yang memiliki kelebihan harta di atas normal untuk berjihad dengan membantu mereka yang dihimpit kesulitan.

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan pentingnya kepedulian tersebut sebagai pengikat kesatuan rasa dan empathi terhadap sesama.

“Man laa yahtam bi amril mu’miniin fa laysa minni.”

Siapa yang tidak memiliki kepedulian terhadap sesama mu’min maka dia bukan termasuk golonganku.

Betapa pentingnya sisi kepedulian ini hingga Rasulullah mengkategorikan mereka yang tidak memiliki nilai kepedulian ini sebagai orang yang bukan golongan Nabi.

Oleh karena itu kita harus mengimplementasikan nilai nilai kepedulian yang diajarkan Rasulullah dalam praktik kehidupan bermasyarakat. Dengan begitu akan memberi dampak positif dan masyarakat merasakan apa yang disebut dengan rahmatan lil alamiin.

Ingatlah bahwa Rasulullah juga mengajarkan, sebaik baik kalian adalah yang memberi manfaat kepada orang lain. []

Comment

Rekomendasi Berita