by

Ketua Joman Tanyakan Urgensi Acara Nusantara Bersatu, yang Kembali Munculkan Wacana 3 Periode Jokowi

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Kritik masih terus berdatangan, pasca digelarnya acara Nusantara Bersatu yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta para relawannya di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11/2022).

Bahkan Ketua Relawan Jokowi Mania (Joman), Immanuel Ebenezer, pun ikut heran dengan acara itu dan mempertanyakan sisi urgensinya.

Terlebih muncul wacana mendorong presiden Jokowi menjabat 3 periode. Hingga lahir pernyataan kontroversi dari Benny Ramdhani.

“Kemudian tadi dibilang-bilang di dunia maya ada yang teriak-teriak (relawan) duitnya kurang dan sebagainya itu menurut saya memang itu acara paling besar di relawan tapi paling tidak produktif, paling rusak,” kata pria yang akrab disapa Noel dalam diskusi bertajuk ‘Etika Jokowi Kumpulkan Relawan’, Kamis (1/12/2022).

Noel menilai para relawan Jokowi yang menggelar acara tersebut, harus bisa juga menjawab apa urgensi menggelar acara silaturami akbar di GBK.

“Ya, apa yang gini orang melihat urgensinya di mana itu yang jadi pertanyaan, itu penting juga harus dijawab,” tuturnya.

Noel mengakuinya dalam acara tersebut ada aksi menggalang donasi untuk membantu korban terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat. Tetapi di sisi yang lain, para relawan seharusnya tetap memperhatikan pihak-pihak yang mengkritisi.

“Pandangan-pandangan (kritis) itu harus kita hormati, harus kita hargai itu akan menjadi bahan evaluasi,” ujarnya.

Hanya saja, Noel enggan bicara terlampau jauh dan mengkritisi acara tersebut. Dia memilih melihat secara objektif, sebab sama-sama sebagai pendukung presiden Jokowi.

“Tapi saya lihat pada sisi itunya karena saya pendukung pak Jokowi dan yang mengatakan temen-temen saya dalam hal ini melihatnya harus lebih objektif lah.” (SR/SWI)

Comment