Komunitas Peduli Generasi Gelar Sarasehan Tokoh Muslimah Jakarta dengan Tema Ramadhan Benteng Kekerasan Seksual

Metro347 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– – Komunitas Peduli Generasi Jakarta bekerja sama dengan Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan menggawangi kegiatan Sarasehan Tokoh Muslimah, Selasa (26/3/2024).

Sarasehan Tokoh Muslimah ini mengangkat tema Spirit Ramadhan Benteng Kekerasan Seksual pada anak dan perempuan.

Hadir dalam kesempatan Sarasehan ini para tokoh kader PKK, praktisi pendidikan, mulai dari guru PAUD – SMA, hingga majelis taklimi.

Wakil Ketua I TP PKK Kec. Pesanggrahan Endang Retno Ismayaningsih, S. Psi, perwakilan Kecamatan Pesanggrahan mengatakan agar seluruh peserta  menyimak dan bertanya serta ikut berperan aktif dalam sarasehan tersebut.

Sebagai pembicara, Dr. Ikrimah Nisa Utami, Sp. PD, spesialis penyakit dalam dan juga dosen Universitas Muhammmadiyah Jakarta menjelaskan Kekerasan Seksual pada anak dan perempuan dari kacamata kedokteran, serta mengupas penyebab terjadinya serta solusi penanganan baik pencegahan maupun bagi korban kekerasan seksual.

Pembicara kedua, Praktisi Pendidikan dan Trainer Parenting Islam, Ustadzah Diah Winarni, S. Kom yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan seputar penyebab dan solusi komprehensif dari kasus kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat tersebut.

Salah satu penyebab terjadinya tindak kekerasan adalah lemahnya keimanan dan ketakwaan individu keluarga hingga abainya masyarakat dalam interaksi yang terjadi selama ini.

Didi menambahkan, pemerintah tidak mampu memutus mata rantai pornografi lewat media dan situs-situs yang ada. Pemerintah lemah dalam penyelesaian kasus kekerasan seksual.

Di sesi akhir acara Sarasehan Tokoh Muslimah Jakarta tersebut, para peserta berkomitmen bahwa bulan Ramadhan ini momentum untuk meningkatkan ketakwaan dan ikut andil serta lebih peduli dengan kondisi ini.[]

Comment