Laznas IZI Sudah Salurkan 14 Ribuan Paket Ramadan Selama 10 Hari Pertama Puasa

Berita270 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI)menargetkan mampu menghimpun dana sebesar Rp 63 miliar selama Ramadan 1445 Hijriah ini. Dana tersebut akan disalurkan dalam bentuk program Ramadan ke 80 ribu penerima manfaat.

Hal ini disampaikan Direktur Utama Laznas IZI, Wildhan Dewayana dalam kegiatan silaturahmi dengan media dan donatur IZI serta Soft Launching buku “Zakat Solusi Kehidupan: 87 Tanya Jawab Fiqh Zakat Keseharian” yang berlangsung di di Cafe Roemah Polonia, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/3/2024).

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa bulan Ramadan merupakan momen terbesar dalam menghimpun dana dari donatur dan umat. Per tahun, terangnya,dana yang dihimpun selama Ramadhan mencapai 38 sampai 40 persen dari total yang ditargetkan.

“Sisanya, 60 persen lagi dihimpun selama 11 bulan lainnya. Jadi Ramadan merupakan waktu yang sibuk bagi penerimaan dan penyaluran dana zakat,” kata Wildhan.

Sedangkan untuk tahun 2024 ini pihaknya menargetkan untuk dapat menghimpun dana zakat sebesar Rp 175 miliar yang akan  didistribusikan kepada 347.070 penerima manfaat.

“Zakat yang nantinya terhimpun akan kami distribusikan kepada program Smartfarm Academy, Rumah Singgah Pasien, Klinik Cuci Darah, Layanan Ambulance, dan Pesantren Tahfidz Al-Quran,” terang Wildhan.

Sementara itu, Ketua Program Ramadan Laznas IZI, Sutanto mengungkapkan bahwa dalam 10 hari pertama Ramadhan 1445 H, pehaknya telah menyalurkan paket program Ramadhan kepada 14. 521 penerima manfaat (PM).

Bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk program ifthor dan takjil (4.169 PM), Bingkisan Yatim dan Dhuafa (199 PM), Sebar Al-Quran (605 PM), Paket Ramadan (8.808 PM), Benah Mushola (400), dan Fidyah (340 PM).

“Dari 80 ribu penerima manfaat yang ditargetkan selama Ramadan, 14.521 diantaranya telah kami realisasikan,” ungkap Sutanto.

Lebih lanjut Sutanto mengungkapkan, selama Ramadan ini Laznas IZI  menjalankan program Booking Berkah Ramadhan. Program Ramadhan ini meliputi Zakat Fitrah dengan target 12.000 PM, Paket Ramadan (42.000 PM), Benah Mushola (500), Sebar Al-Quran (5.000 PM), dan Fidyah (1.690 PM).

Sedangkan public figure, Alya Rohali sebagai salah donatur Laznas IZI yang juga turut hadir dalam acara silaturahmi dan soft launching buku tersebut, berkesempatan menyampaikan pengalaman berzakat di Laznas IZI.

Menurutnya, Laznas IZI memiliki peran yang solutif, dengan menyediakan website untuk para donatur ataupun muzaki yang ingin berzakat. Lewat website tersebut, didapatkan dalam hal ketentuan dan cara hitung zakat yang mudah.

“Kini dalam menghitung untuk menyalurkan zakat sudah sangat mudah. Semuanya  dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja melalui IZI. Insyaallah amanah, tepat sasaran dan sesuai syariah,” katanya.[]

Comment