KPU Kabupaten Nias Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024

Daerah, Kep. Nias345 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Wisma Sangehao, Gunungsitoli, Selasa (27/2/2024).

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Nias bersama Komisioner KPU lainnya.

Dari laporan Sekretaris KPU Kabupaten Nias, John H Saragih menjelaskan bahwa pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten ini merupakan tahapan lanjutan dari rekapitulasi tingkat kecamatan.

“Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara ini adalah proses penjumlahan hasil rekapitulasi dari masing-masing kecamatan. Tahapan rekapitulasi ini dilakukan di empat tingkatan, antara lain tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan terakhir tingkat nasional,” jelas John.

Sekretaris KPU Kabupaten Nias itu juga mengatakan, pihaknya melakukan rekapitulasi secara bertahap dengan menargetkan pelaksanaan dapat selesai selama lima hari.

Dikesempatan tersebut, John H Saragih merincikan jadwal rekapitulasi, antara lain pada 27 Februari Kecamatan Somolo-molo dan Sogae’adu; 28 Februari Kecamatan Ma’u dan Hiliduho; 29 Februari Kecamatan Gido dan Hiliserangkai; 1 Maret Kecamatan Botomuzoi dan Bawolato; dan di hari terakhir tanggal 2 Maret Kecamatan Idanogawo dan Ulugawo.

Masih di kegiatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Nias, Elisati Zandroto kepada para peserta rapat pleno mengungkapkan bahwa proses rekapitulasi ini terus berjalan.

“Secara aturan atau regulasi, rekapitulasi ini dilakukan secara berjenjang, dan saat ini kita telah sampai pada tingkat Kabupaten Nias,” ujarnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada para peserta pemilu, TNI/Polri, para pengawas Pemilu dan seluruh teman-teman pada pelaksanaan teknis atas kerjasama yang baik,” sambungnya.

Elisati juga berkeyakinan, dengan adanya dukungan dari seluruh pihak pemangku kepentingan, pihaknya dapat menyelesaikan rekapitulasi dengan baik.

“Harapan kami pada pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten ini kita bisa jalankan sesuai dengan tahapan. Dengan adanya dukungan dari kita semua, kami meyakini kita dapat menjalankan dengan baik dan menyelesaikannya dengan baik,” tutur Elisati meyakini.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Nias, Adirman Mendrofa dalam penyampaian sambutannya mengucapkan apresiasi kepada KPU Kabupaten Nias.

Ia menegaskan, pada pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten ini pihaknya akan tetap melakukan pengawasan ketat dan melekat.

“Kami dari sisi pengawasan tetap melaksanakan pengawasan melekat. Kami sudah komitmen tidak akan meninggalkan rapat pleno mulai hari ini hingga akhir,” ucap Adirman tegas.

Dari pantauan radarindonesianews.com, tampak hadir pada rapat pleno terbuka, mewakili Kapolres Nias, mewakili Dandim 0213/Nias, mewakili Bupati Nias, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias, para Ketua PPK se-Kabupaten Nias, para saksi paslon dan partai politik serta para undangan lainnya.[]

Comment