by

KPU Kabupaten Nias Sosialisasikan PKPU Nomor 5 tahun 2020, Berikut Himbauan Ketua Gugus Tugas

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Dengan penerapan protokol kesehatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias sosialisasikan PKPU Nomor 5 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Gido, Selasa (16/6), tampak dihadiri seluruh Komisioner KPU Kabupaten Nias, Komisioner Bawaslu Kabupaten Nias, Bupati Nias, Unsur Forkopimda, pasangan calon perseorangan, utusan partai politik dan para undangan lainnya.

Dalam sambutan Ketua KPU Kabupaten Nias, Firman Mendrofa mengungkapkan jika mulai hari ini tahapan pemilu kembali dilaksanakan.

“Tahapan Pilkada yang telah tertunda sejak bulan tiga yang lalu karena adanya wabah covid-19, mulai 15 Juni kita telah mulai kembali,” ungkap Firman.

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah mengaktifkan kembali badan adhoc ditingkat Kecamatan dan Desa.

Dikegiatan yang sama, Ketua Bawaslu Novan Maskurnia Hura mengucapkan jika pihaknya akan mengedepankan pencegahan dari hal-hal yang berpotensi terjadinya kecurangan.

“Ini adalah pemilihan serentak yang dimana kita diharuskan memiliki imunitas yang kuat dan tidak lupa juga dengan penerapan protokol kesehatan. Kami yang bertugas sebagai pengawas akan mengedepankan pencegahan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Nias menyatakan dukungannya terhadap KPU Kabupaten Nias.

“Kabupaten Nias adalah salah satu dari 270 daerah yang akan melakukan pemilihan Kepala Daerah pada 9 Desember mendatang. Kita mendukung kegiatan KPU Kabupaten Nias dalam menyukseskan terselenggaranya Pilkada, tentu dengan mempedomani protokol kesehatan. Namun terkait tambahan anggaran akibat Covid-19 itu menjadi tanggung jawab APBN,” jelas Bupati Nias.

Diakhir penyampaiannya Sokhiatulo Laoli mengharap agar semua masyarakat dan penyelenggaraan pemilu dapat mengikuti protokol Kesehatan sesuai himbauan Pemerintah.

Usai penyampaian Bupati Nias, kegiatan sosialisasi dilanjutkan kembali dengan agenda penyampaian materi yang dipaparkan oleh Komisioner KPU Kabupaten Nias Iman Murni Telaumbanua.

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 15 =

Rekomendasi Berita