KPU Kabupaten Nias Tancap Gas Bekali PPK untuk Pilkada 2024

Daerah, Kep. Nias125 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias, Sumatera Utara, tancap gas memberikan pembekalan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi badan adhoc tingkat kecamatan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di gedung serbaguna Kecamatan Gido.

Dikatakan Anggota KPU Kabupaten Nias, John Apriman Mendrofa selaku Koordiv Parmas dan SDM, pemberian bimtek ini untuk membekali Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) demi mensukseskan Pilkada serentak pada 27 November 2024.

“Bimtek ini kita lakukan untuk sharing kepada teman-teman PPK terkait tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” jelas John kepada radarindonesianews.com, Jumat (7/6/2024).

John juga menambahkan, pihaknya memberikan pembekalan seputar pengalaman dan pengetahuan, baik dari sisi kelembagaan, penyelenggara teknis KPU, dan kode etik sebagai penyelenggara Pemilu maupun dari sisi pengawasan Bawaslu.

“Peningkatan kompetensi PPK ini sangat krusial, sehingga melalui bimtek ini kita harapkan dapat memberikan pemahaman mendalam mengenai prinsip-prinsip pengadaan pemerintah, kemampuan penyusunan dokumen berkualitas, pelaksanaan proses pengadaan yang transparan, dan kemampuan menyelesaikan permasalahan yang mungkin timbul,” terangnya.

“Sedangkan untuk bimtek Panitia Pemungutan Suara (PPS), kita jadwalkan terlaksana pada tanggal 10 sampai 11 Juni 2024,” sambung John.

Diakhir penyampaiannya, John berharap para penyelenggara hingga tingkat desa ini dapat meningkatkan profesionalisme dan ketahanan terhadap berbagai bentuk intervensi kepentingan yang dianggap sangat penting untuk menjaga integritas dan efektivitas.

Adapun yang hadir pada pelaksanaan bimtek PPK Se-Kabupaten Nias, yakni Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Nias, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias (Asisten I) dan mantan pimpinan Bawaslu Kabupaten Nias.[]

Comment