Mahasiswa KKM IUQI Bogor Gelar Seminar Parenting di PAUD Pertiwi Rumpin, Bogor

Bogor, Daerah159 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, BOGOR Kelompok 19 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor, menyelengarakan seminar parenting di PAUD Pertiwi Rumpin-Bogor, Senin (28/8/2023).

Seminar parenting ini bertujuan agar para orang tua mengetahui dan memahami cara mendidik anak sesuai psikis gen-Z dan sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin hari semakin maju, terutama teknologi yang semakin canggih.

Dalam paparannya, Niam Rohmatullah, M.Pd., sebagai pemateri pada kegiatan kali ini, menyampaikan bahwa peran orang tua begitu penting menentukan masa depan anak dan pelukan serta kasih sayang adalah rasa aman bagi anak.

“Orang tua adalah panutan yang baik untuk anak. Anak akan meniru apa yg ia lihat (perilaku orang tua). Orang tua harus lebih memperhatikan fisik, akal, dan hati (perasaan) anak. Agar perkembangan anak maksimal.” Ujarnya.

Selain itu, M. Azril Pebriansyah, Ketua kelompok 19 Rumpin KKM IUQI Bogor berharap kegiatan seminar parenting ini, membuka pemahaman kepada orang tua bahwa kesuksesan anak dipengaruhi pola asuh dari orang tuanya.

“Orang tua harus faham akan pola asuh yang cocok untuk anaknya, semakin baik pola asuh yang diberikan maka perkembangan potensi anak akan selaras dengan harapan orang tua. Yaitu tanpa memaksakan keinginan orang tua dan tidak mengabaikan keinginan anaknya.” Jelasnya.

Seminar parenting ini adalah salah satu program kerja unggulan kelompok, dengan tema ” Sukses Menjadi Orang tua Idaman”.

Kegiatan ini diikuti oleh orang tua siswa, guru PAUD, dan Kader posyandu serta dibantu oleh Personil Kelompok 19 KKM IUQI Bogor, di antaranya, Dwi Nanda, Ade Rizal, M. Rayhan, Regina Natasya, Adzkiya Diva, Putri Fitrah, Resi Annisa, Salma Hanifa, Alisha Haura, M. Tabroni, Nur Jamila, Fahmi Fadhilah.[]

Comment