by

Pemerintah Kabupaten Nias Bekali Masyarakatnya Pendidikan Politik

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Pemerintah Kabupaten Nias menggelar pendidikan politik yang diikuti masyarakat Kecamatan Idanogawo, Bawolato dan Ulugawo, Kamis (25/03).

Pada acara yang dipusatkan di Gedung Jemaat BNKP Tetehosi, Kecamatan Idanogawo, Kabid Politik Dalam Negeri dan Ormas Kesbangpol Kabupaten Nias, Fo,arota Laoli, SE, MH menjelaskan pentingnya pendidikan politik buat masyarakat.

“Pentingnya pendidikan politik bagi masyarakat adalah agar masyarakat dapat berfikir kritis dalam konteks yang terjadi pada bangsanya sendiri. Disini masyarakat diajak untuk ikut berorganisasi, karena di dalam organisasi pemikiran kita akan terasah dan dapat dituangkan sebagaimana seharusnya,” ucap Fo Arota

Menurut Fo Arota Laoli terdapat tiga sasaran fasilitasi penyelenggaraan pendidikan politik.

“Meningkatnya kesadaran hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat; meningkatnya kemandirian, kedewasaan dan pencapaian prestasi dalam penyelenggaraan kehidupan politik dan kenegaraan; berkembangnya karakter bangsa yang selaras dengan budaya dan sejarah bangsa,” tuturnya.

Ditempat yang sama, dalam materinya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias, AHD. Darwis Zendrato, S.Sos mengatakan jika demokrasi tidak akan berjalan baik tanpa ditunjang terbangunnya budaya politik.

“Budaya politik memiliki pengaruh penting dalam perkembangan demokrasi. Demokrasi tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak ditunjang oleh terbangunnya budaya politik yang sesuai dengan prinsip prinsip demokrasi. Dimana hal tersebut berdasarkan nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945,” ucap Kaban Kesbangpol itu.

Reporter : Albert

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 13 =

Rekomendasi Berita