by

Pemerintah Kabupaten Nias Raih WTP Pertama

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Untuk kali pertama, Pemerintah Kabupaten Nias mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2021.

Hal tersebut dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Nias dibawah kepemimpinan Ya’atulo Gulo dan Arota Lase.

Pada kegiatan yang berlangsung di Gedung BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol Nomor 22 Medan, Jumat (27/5), tampak dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Nias, mewakili Ketua DPRD Kabupaten Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Kepala BPKPD Kabupaten Nias dan Inspektur Daerah Kabupaten Nias.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2021 tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan dan diterima oleh Bupati Nias Ya’atulo Gulo.

Dikesempatan itu, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumatera mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Nias atas upaya perbaikan tata kekola keuangan daerah sehingga Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2021 dapat meraih opini WTP yang merupakan pertama kalinya sejak Kabupaten Nias ditetapkan sebagai Daerah Otonom di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Mewakili Ketua DPRD Kabupaten Nias, Yabati Zai juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias atas perolehan opini WTP.

“Hal ini terwujud atas kerjasama dan sinergitas antara legislatif¬†dan eksekutif atas komitmen untuk memperbaiki tata kelola keuangan daerah, untuk itu selamat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias, kiranya hal ini terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk yang lebih baik,” ucap Yabati.

Selanjutnya, Bupati Nias menyampaikan terimakasih kepada BPK RI Provinsi Sumatera Utara yang telah memberikan opini WTP atas LKPD Kabupaten Nias, yang merupakan hadiah terbesar bagi Pemerintah Kabupaten Nias di Tahun 2022.

Orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Nias itu juga mengapresiasi seluruh tim Kabupaten Nias dalam menyukseskan LKPD Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2021 sehingga diganjar Opini WTP oleh BPK RI.

“Kerja kerasmu tidak sia-sia, capaian ini kami persembahkan hanya untuk masyarakat Kabupaten Nias,” tandasnya.

Reporter : Albert

Comment