by

Pemkab Nias Gelar Kick Off Meeting, Ini Yang Dibahas

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Nias menggelar Kick Off Meeting penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk penyusunan RPJMD Kabupaten Nias tahun 2021-2024, bertempat di ruang serbaguna Kantor Bupati Nias lantai III.

Pada laporan Kepala Dinas PKP Kabupaten Nias, Fonaso Laoli mengungkapkan maksud diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Salah satu kegiatan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Nias pada tahun 2020 adalah Penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk penyusunan RPJMD, dimana penyusunan ini merupakan kewajiban Pemerintah Kabupaten Nias sebagai salah satu daerah yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 050/4802/SJ tanggal 25 Agustus 2020,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, tim telah melakukan beberapa kali pertemuan baik tatap muka maupun secara online untuk menyeragamkan pemahaman dan menghimpun data-data indikator KLHS RPJMD Kabupaten Nias.

“Sebagian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias sudah memenuhi bahan atau data-data yang diperlukan, namun masih terdapat OPD yang masih belum melengkapi/memenuhi bahan/data yang diperlukan,” tutur Fonaso Laoli.

Dalam sambutannya, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli mengungkapnya jika lingkungan hidup merupakan sektor yang menjadi perhatian bersama.

“Hal ini menjadi tantangan suatu wilayah agar dapat mengoptimalkan sumber daya yang tersedia dengan tetap berorientasi pada pembangunan berkelanjutan sehingga terciptanya antara pemenuhan kebutuhan manusia dengan keberlanjutan pembangunan dengan memperhatikan seluruh aspek pembangunan,” ucap Bupati Nias.

Diakhir penyampaiannya, Ia menegaskan agar tim tetap berpedoman pada Permendagri.

“Kepada seluruh tim dan stakeholder saya harapkan dapat memaksimalkan sumber daya yang ada dan tetap berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah,” tutupnya.

Turut hadir pada pertemuan, Umanda Sitanggang beserta rombongan sebagai narasumber, Bupati Nias, para Kepala OPD serta para undangan lainnya.

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 10 =

Rekomendasi Berita