by

Pemkab Nias Selenggarakan Penyusunan RKPD, Berikut Pesan Bupati Nias

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Guna penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Nias menggelar musrenbang, Rabu (17/03), bertempat di ruang serbaguna Kantor Bupati Nias lantai III (tiga).

Dalam laporannya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias, Edwin Fanolo Hulu mengungkapkan tujuan digelarnya musrenbang.

“Musrenbang yang kita laksanakan pada hari ini dimaksudkan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan pada tahap lanjutan dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun 2022 mendatang,” ungkap Edwin.

“Kita berharap hasil dari pelaksanaan musrenbang ini menitikberatkan pada pendekatan teknokratis, penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan serta tersusunnya arah kebijakan pembangunan,” tuturnya lebih lanjut.

Masih dikegiatan yang sama, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli pada penyampaian arahan dan bimbingannya menjelaskan tahapan yang telah dilaksanakan.

“Sebelum kita melaksanakan Forum Musrenbang ini, telah terlebih dahulu dilaksanakan berbagai tahapan perencanaan yang berjenjang, baik melalui Penelaahan Pokok-pokok Pikiran DPRD, Musrenbang RKPD Kabupaten di Desa, Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan, Forum Konsultasi Publik dan Forum Perangkat Daerah/lintas Perangkat Daerah untuk beberapa bidang pembangunan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pemangku kepentingan memberikan masukan dan usulan kegiatan yang dinilai mampu mengatasi permasalahan pembangunan di Kabupaten Nias sehingga Rancangan RKPD semakin berkualitas,” beber Bupati Nias.

Ia menambahkan, terdapat 5 (lima) prioritas pembangunan daerah pada tahun 2022 mendatang yang akan menjadi target dan perhatian, yakni :

1. Bidang Infrastruktur, Energi dan Ketenagalistrikan
2. Bidang Pendidikan dan Pembangunan SDM
3. Bidang Kesehatan dan Perlindungan Sosial
4. Bidang Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan
5. Bidang Pemerintahan dan Aparatur

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =

Rekomendasi Berita