by

Petani di Kabupaten Nias Terima Bantuan Bibit Padi dan Jagung, Berikut Pesan Bupati Nias

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Para petani di Kabupaten Nias terima bantuan bibit padi dan jagung dari Pemerintah Kabupaten Nias guna meningkatkan produktifitas komoditi dan peningkatan pendapatan para petani.

“Komoditi unggulan pertanian di Kabupaten Nias yang harus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian daerah diantaranya padi dan jagung,” ucap Bupati Nias Ya’atulo Gulo saat menyampaikan arahan kepada para petani, Jumat (29/7), bertempat di serbaguna Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias.

“Pemerintah Kabupaten Nias berkomitmen dan terus berupaya untuk membantu petani dalam hal pemakaian benih unggul, melalui penyediaan fasilitas benih padi dan jagung. Dimana, fasilitas ini juga didukung dengan alokasi anggaran dalam pengadaan benih¬† dalam APBD Kabupaten Nias T.A. 2022 dan APBD Provinsi Sumatera Utara serta APBN melalui Kementrian Pertanian,” sambung Ya’atulo.

Pada tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Nias menyalurkan bantuan benih padi dan jagung kepada petani dengan jumlah keseluruhan benih padi 58.500 Kg seluas 2.340 Ha, benih jagung 10.710 Kg seluas 714 Ha.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Nias berpesan kepada kelompok tani agar benih ini dapat dimanfaatkan dengan baik, mengikuti bimbingan dan arahan dari Penyuluh Pertanian. Ia juga menginstruksikan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Nias untuk tetap mengawal dan mendampingi para petani dalam pemanfaatan benih, kepada para camat diharapkan untuk mengarahkan pemerintah desa dan kelompok tani dalam mensosialisasikan Gerakan Tanam Serentak melalui P2T3 di masing-masing wilayah.

Reporter : Albert

Comment