by

Reza Hafiz, Mantan Sekuriti Kini Jadi Pengusaha Toples Dengan Omzet 1M

-Profile-107 views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Walt Disney sang arsitek film kartun yang mendunia itu pernah mengatakan “if you can dream it you can do it”, bila kamu dapat bermimpi tentang sesuatu maka kamu pun dapat merealisasikannya.”

Hal inilah yang tampaknya menjadi triger dan menggerakkan langkah Reza Hafiz, seorang pemuda yang sebelumnya pernah bekerja sebagai seorang sekuriti sebuah bank di tahun 2018 lalu menapaki bisnis toples cupang dengan omset mendekati angka 1 M perbulan.

Pemuda kelahiran 24 September 1992 ini memiliki intuisi bisnis yang tajam. Sesuatu yang didengar dan dilihat menjadi sebuah celah dan ceruk pasar untuk dikembangkan sebagai sebuah bisnis yang menguntungkan.

Tawaran toples yang didapat dari seorang teman diolah dan dicari ke sumber penjual agar dirinya mendapat harga yang lebih murah untuk dijual kembali ke user.

Reza Hafiz memberanikan diri keluar dari tempat bekerja dan memulai bisninya secara pribadi. Reza tidak betah berada di zona aman yang membuatnya puas dengan kondisi yang ada.

Pada 2019 Reza Hafiz mulai menekuni bisnis toples yang selama ini dianggap remeh oleh para pebisnis di tanah air.

Awal terjun ke dunia bisnis ini, Reza Hafiz sempat browsing ke beberapa market place untuk mengetahui harga dasar pembelian.

Pada tengah semester awal Reza Hafiz terjun di bisnis ini, dirinya mengaku sebagai bulan perjuangan. Katanya, saat itu dia mengantar dan mengirim toples ke alamat konsumen bersama sang isteri dan anak.

“Bisnis sambil berlibur bersama keluarga.” Ujarnya mengenang.

Begitulah Reza Hafiz menjalani bisnis toples yang ditekuninya. Serius tapi santai alias sersan.

Anak pasangan H. Tabrani dan Nani Suwarningsih yang telah dikaruniai seorang istri bernama Nani Sugiarti dan seorang putra, Azka Virendra Ramadhan (5) ini memiliki intuisi bisnis yang kuat.

Menurutnya, view bisnis harus mencakup kondisi yang lebih luas dan tidak terpaku dan berkutat di satu wilayah saja. Di atas kelurahan ada kecamatan, di atas kecamatan ada walikotamadya, provinsi hingga nasional. Bisnis tidak melulu melayani dan hanya bergerak di satu wilayah tertentu saja.

Bagaimana Reza Hafiz membangun relasi bisnisnya?

Saat wawancara khusus dengan Radar Indonesia News, di kediamannya di bilangan Tangerang, Jumat (30/10/2020),
Reza mengatakan bahwa trust atau kepercayaan membangun relasi bisnisnya.

Dengan trust ini katanya, akan terbangun rasa percaya di pihak konsumen dengan perasaan yang comport atau menyenangkan.

Target bisnis itu bukan profit semata tapi bagaimana menciptakan dan membangun kepercayaan di hati konsumen.

Selain itu Reza Hafiz juga berkomitmen dengan kualitas produk dalam bisnis yang ditekuninya ini.

Dari kepercayaan dan kualitas produk itulah bisnis toples cupang yang dijalaninya ini mulai berkembang dan mengalami ekstensifikasi mulai Jabodetabek hingga Priangan Timur seperti Bandung, Garut, Tasik, Ciamis dan Sumedang.

Relasi bisnis yang digeluti anak muda yang tampil sederhana ini juga merambah Jawa Tengah dengan kisaran 60% dari total pasar dan relasi di seluruh indonesia.

Konsumen dan relasi bisnis bertumbuh mulai dari kalangan masyarakat penghobi ikan Cupang hingga artis.

Bagaimana teknik dan strategi membangun positioning bisnis yang diaplikasikan Reza Hafiz dengan bendera bisnis Azka Beta Fish yang telah beromzet miliaran ini?

Salah satunya adalah dengan menggandeng komunitas yang tepat seperti Presiden Cupang dan juga menghire professional Strategyc & Analityc Business jebolan BUMN terbesar di indonesia.

Kini Azka Beta Fish,  lapak jualan online milik Reza Hafiz kuwalahan merespon permintaan dan order yang semakin besar.

Untuk menjaga kepercayaan dan layanan mutu yang lebih baik, Reza kini telah merekrut sekitar 10 orang freelance ditambah satu orang yang secara spesifik menangani business strategic.

Pertumbuhan transaksi, pertumbuhan omset dan penjualan produk Azka Beta Fish semakin meningkat baik dari segi kuantitas produk maupun ekstensifikasi area.

Anak muda yang tidak lanjut hingga pendidikan tinggi namun memiliki jiwa enterpreneur yang luar biasa ini juga membagi rahasia bisnis yang digelutinya. Apa saja?

Ada tiga hal utama katanya, tidak ambisius, tidak iri dan terpenting adalah bersedekah.

Meski hanya tamat SMP, Reza Hafiz kini mampu menjalankan bisnis dengan omzet hingga mendekati angka 1 M.

Oleh karena itu, untuk membesarkan bisnisnya ini, dalam waktu dekat dirinya akan mentransformasi Azka Beta Fish menjadi Azka Mart dengan dukungan manajerial dan sistem bisnis yang lebih baik.

Pesannya buat para pemula di bidang bisnis, jangan takut dengan modal yang penting kemauan, yakin, cari pasar dan jangan patah semangat.[]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 5 =

Rekomendasi Berita