Santri Ponpes Ardaniah Komitmen Jalani Sunnah Puasa Senin Kamis

Banten, Daerah646 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, BANTEN — Pondok Pesantren Ardaniah yang berlokasi di Serang, Banten ini memiliki kegiatan praktis berpuasa sunnah Senin dan Kamis.

“Selain belajar dan menjalankan ibadah wajib, santri Pondok Pesantren Ardaniah dididik untuk menjadi pribadi bertakqwa yang senantiasa menjalankan ibadah sunnah sebagai bentuk pembiasaan dan pembelajaran.” Ujar Elis Fitriani, M.Pd, Kepala SMA Ardaniah kepada Radar Indonesia News, Jumat (17/6/2022).

 

Meskipun hukum asal puasa senin kamis adalah sunnah, tambah Elis, pihak pesantren menekankan seluruh santri untuk berpuasa agar kelak ketika sudah lulus dari pesantren, mereka terbiasa melaksanakan ibadah Puasa Senin dan Kamis.

Elis mengatakan, meskipun awalnya berat dilakukan, seiring berjalannya waktu, para santri bersemangat untuk puasa bahkan santri yang masih duduk di kelas 1 Ibtidaiyah (Sekolah Dasar) pun ikut melaksanakan. Puasa tidak memberatkan mereka melakukan kegiatan lain seperti olahraga, pramuka, pencak silat dan lain-lain.

“Mereka membuktikan bahwa puasa bukanlah alasan untuk tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan justru sebaliknya, puasa memberikan kekuatan dan kesehatan.” Texas Elis.

Selain ibadah bernilai pahala di sisi Allah, lanjut Elis, puasa juga mengandung banyak manfaat baik dari sisi ruhiah maupun jasmaniah.

Hal ini telah dikabarkan Rasulullah SAW melalui haditsnya bahwa puasa bisa menurunkan hawa nafsu, bahkan seorang bujang yang belum siap untuk menikah diperintahkan untuk puasa. pintu surga dibuka pada hari Senin Kamis dan pada hari tersebut amal manusia diperiksa.

Menurut Elis, secara medis, puasa memiliki banyak manfaat seperti memberi waktu organ pencernaan untuk beristirahat, dapat menghilangkan stress, menyehatkan jantung, dll.

“Namun perlu kita ketahui, ibadah tidak boleh karena asas manfaat namun harus semata-mata karena Allah, adapun manfaat yang akan dirasakan merupakan implikasi dari ketaqwaan kepada Allah SWT.” Imbuh Elis.

Ponpes Ardaniah dengan 6 lembaga lainnya kini telah memiliki sekitar 800 siswa atau santri.[]

Comment