Semarak Pentas PAI Tingkat SD Se-Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut 2024

Daerah79 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Dahsyat! Pekan Kreativitas dan Seni Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Dasar adalah salah satu agenda pendidikan sebagai wahana pembinaan dan pengembangan bakat minat.

Sehingga melalui ajang ini peserta didik berkesempatan menampilkan ekspresi sekaligus mengukir prestasi akademik maupun non akademik bidang keagamaan.

Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan pendidikan ini dilandasi oleh peraturan Dirjen pendidikan Islam Nomor: Dj.I/12A Tahun 2009 tentang penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler PAI pada satuan pendidikan salah satunya mencantumkan kegiatan pekan kreativitas dan pendidikan agama Islam sebagai salah satu kegiatan yang diunggulkan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan agama Islam di sekolah.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan sarana aktualisasi diri bagi peserta didik dalam hal pendalaman penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam.

Adalah Kreativitas dan Pentas PAI (Pendidikan Agama Islam,red) untuk tingkat SD se-Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat di laksanakan pada Selasa dan Rabu tanggal 7 s.d 8 Mei 2024.

Adapun lokasi perlombaan berlokasi di SDN 1 Cipicung Kecamatan Banyuresmi dimulai dari pukul 08.00 s.d selesai.

Pentas lomba tersebut terbagi dari beberapa cabang di antaranya:

1. Lomba Cerdas Cermat PAI
2. Lomba Pidato
3. Lomba MHQ
4. Lomba Kaligrafi
5. Lomba Praktik Salah berjamaah
6. Lomba Qosidah
7. Lomba adzan

Kegiatan Pentas PAI di hadiri Korwil bidang pendidikan Kec. Banyuresmi Gunara Taufik, S.Pd.,M.MPd, K2S Kec. Banyuresmi Zenal Aripin, S.Pd, Ketua PGRI Kec. Banyuresmi Dedi Dani Ramdani, S.Pd.,M.M.Pd, Pengawas PAI Kab. Garut wilayah Kec. Banyuresmi Asep Sukardi, M.Ag, Ketua KKG PAI Kec. Banyuresmi Sidik Permana, S.Pd.I dan kepengurusan KKG PAI Kec. Banyuresmi, dan Kepala Sekolah serta guru pembimbing.

Sedangkan, untuk peserta yang mengikuti perlombaan dari kelas 1 SD s.d Kelas 5 SD sesuai juknis nasional Pentas PAI, jumlah peserta kegiatan Pentas PAI tingkat SD Se-Kecamatan Banyuresmi sebanyak 430 peserta dari 49 SD negeri dan SD Swasta.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PGRI Kec. Banyuresmi, Dedi Dani Ramdani, S.Pd.,M.M.Pd , dalam sambutannya mengatakan bahwa,”Siapapun nanti yang akan menjadi juara adalah suatu proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih baik,” tegas Dedi Dani Ramdani.

Dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh K2S Kec. Banyuresmi, Zenal Aripin, S.Pd mengatakan,”Saya sangat mengapresiasi kegiatan pentas PAI Tingkat SD Se-Kecamatan Banyuresmi karena kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa ada dukungan maupun Kerjasama berbagai pihak, sukses selalu untuk panitia dan KKG PAI,” ucap Zenal Aripin.

Kemudian, sambutan disampaikan oleh Pengawas PAI Kab. Garut wilayah Kec. Banyuresmi,Asep Sukardi, M.Ag, ia mengatakan bahwa,”Pentas PAI di Tingkat Kecamatan merupakan ajang persaingan professional, di mana nanti peserta yang menjadi juara 1 akan menjadi utusan Kecamatan Banyuresmi untuk lomba di Tingkat Kabupaten Garut,” ujar Asep Sukardi.

Hal senada juga disampaikan Koorwil Bidang Pendidikan Kec. Banyuresmi, Gunara Taufik, S.Pd.,M.MPd , ia mengatakan,”Terima kasih kepada Kepala Sekolah yang telah mengirimkan anak didiknya dalam pentas PAI Tingkat SD Se-Kecamatan Banyuresmi dan yang juara 1 mudah-mudahan bisa membawa nama baik Kec. Banyuresmi di Tingkat Kabupaten Garut sehingga bisa lolos ke Tingkat Nasional,” ujar Gunara Taufik.

Sementara itu, hasil perlombaan pentas PAI diumumkan pada hari Rabu tanggal 08 Mei 2024 setelah selesai cabang lomba dilaksanakan dengan penilaian yang transfaran dan akuntabel tidak berpihak ke salah satu peserta.

Berikut daftar pemenang perlombaan pentas PAI tingkat SD Se-Kecamatan Banyuresmi :

No. Jenis Perlombaan Kategori Juara 1 Juara 2 Juara 3
1 MTQ Putri Shanum Qolbi Nur Aflah
(SDIT Al-Fadhil)) Saqiyya Putri
(SDN 2 Sukakarya) Aqila Rahmadania
(SDN 1 Sukalaksana)
2 MTQ Putra Wafi Abdul Halim
(SDN 2 Cimareme) Muhammad Fairus Alawy
(SDN 3 Sukaratu) Ilyas Kurniawan
(SDN 1 Banyuresmi).

3 Cerdas cermat Beregu SDIT Al-Fadhil SDIT Bina Insan SDN 1 Cimareme

4 Hifdzil Qur’an Putra Muhammad Adzka Abdillah
(SDN 1 Banyuresmi) M Fadlan Iqbalullah
(SDN 2 Binakarya) Aufa Alirahman Hafidz
(SDIT Bina Insan))
5 Hifdzil Qur’an Putri Najwa Ibtihal Tahiyyah
(SD IT BINA INSAN) Bilqis Faiha Rifda
(SDIT Al-Fadhil) Wirda Ghafira Rahmi Arsy
(SDN 1 Bagendit)
6 Pidato PAI Putra Muhammad Ridwan Maulana
(SDN 1 Dangdeur) Muhammad Fathir Rahman
(SDIT Bina Insan) Abdan Khori Tsabit
(SDN 1 Banyuresmi)
7 Pidato PAI Putri Napisa Auva Izzati
(SD IT Al-Fadhil) Shinta Rahmawati
(SDIT Al-Ghifari) Sabria Aruna Chelsea
(SDN 2 Sukalaksana)
8 Praktek Shalat Beregu SDN 1 Banyuresmi SDN 1 Dangdeur SDN 4 Sukamukti
(SDN 4 Sukamukti)
9 Adzan Putra Rajhid Rizik Al-Burhan
(SDN 1 Banyuresmi) Istishad Adwan Albanna
(SDN 4 Sukamukti) Galang Prabugaluh Nusantara
(SDIT Bina Insan)
10 Kaligrafi Putra M Nasyath
(SDN 1 Sukasenang) Muhammad Yusup
(SDN 3 Bagendit) Muhammad Rheza Hermansyah
(SDN 2 Binakarya)
11 Kaligrafi Putri Sofa Marwah Khoerunnisa
(SDIT Al-Fadhil) Nurafni Adeva Mahesuari
(SDN 1 Banyuresmi) Felisha
(SDN 1 Sukasenang)
12 Qosidah Beregu SDN 3 Bagendit SDN 3 Binakarya SDN 2 Sukakarya
(SDN 2 Sukakarya)

Sedangkan, yang menjadi juara umum dalam pentas PAI tingkat SD Se-Kecamatan Banyuresmi adalah SDIT Al-Fadhil, bagi peserta juara 1 akan mewakili pentas PAI di tingkat Kabupaten Garut dengan bersaing 42 Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

Secara terpisah, disela-sela acara tersebut Kepala Sekolah SDIT Al-Fadhil, Frida Gusman, S.Psi kepada awak media mengatakan,”Sangat bangga terhadap anak didik kami yang menjadi juara umum pada lomba pentas PAI tingkat Kec. Banyuresmi tahun 2024 dengan memboyong juara 1 yang akan mewakili Kec. Banyuresmi untuk bersaing prestasi di tingkat Kab. Garut, Saya tentunya juga mengharapkan dukungan dan do’a dari semua jajaran pemangku kebijakan agar sukses menjadi juara di tingkat Kab. Garut,” ujar Frida Gusman.

Begitupun juga dari salah satu Kepala Sekolah SDN 2 Binakarya, Lilis Yuliati, S.Pd.,M.Pd memberikan tanggapan atas terlaksananya pentas PAI, ia mengatakan,”Alhamdulillah pentas PAI tingkat Kecamatan Banyuresmi sudah dilaksanakan dengan baik, kegiatan berjalan dengan tertib, lancar dan aman. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, yang telah dilaksanakan dengan segala totalitas dan kerjasama yang sangat luar biasa,” jelas Lilis Yuliati.

Setelah selesai pengumuman hasil perlombaan, Sidik Permana, S.Pd.I selaku Ketua KKG PAI Kec. Banyuresmi, ia mengatakan,”Pada kesempatan ini kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak termasuk Korwil Pendidikan Kec. Banyuresmi, PGRI Banyuresmi, K2S Banyuresmi, Kepala Sekolah, panitia dan dewan juri yang telah mendukung sehingga terjalin kerja sama pada kegiatan Pentas PAI Kec. Banyuresmi sehingga sukses dan lancar, saya berpesan kepada peserta yang menjadi juara untuk terus semangat berlatih agar sukses berprestasi di tingkat Kabupaten Garut sehingga mengharumkan nama baik Kecamatan Banyuresmi dan bagi peserta yang belum berhasil menjadi juara di pentas PAI Kec. Banyuresmi jangan putus harapan, akan tetapi kekalahan perlombaan dijadikan motivasi supaya di tahun berikutnya menjadi yang terbaik dari yang terbaik, kekalahan atau kemenangan dalam perlombaan suatu hal yang biasa,” ujar Sidik Permana bangga.[]

Comment