by

10 Reasons Why It’s OK to Daydreaming

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Seringkali berkhayal dianggap sebagai kegiatan yang sia-sia, hanya membuang waktu, dan tidak akan menghasilkan apapun. Hal tersebut bisa jadi benar, apabila tidak disertai dengan tindakan dan usaha yang nyata untuk mewujudkannya. Berkhayal sering disebut dengan visualisasi pikiran.

Beberapa peneliti mengatakan berkhayal justru penting untuk hidup dan perkembangan otak manusia dan berikut adalah 10 alasannya:

1. You can exercise your brain (not your mind)

Dr. Muireann Irish (seorang ahli saraf di Neuroscience Research Australia) mengatakan berkhayal membutuhkan kerja keras dan melayani fungsi yang sangat penting untuk otak manusia. Bagaimana cara Anda berkhayal dan berpikir sebenarnya adalah efek dari struktur fisik otak Anda, yang dimana secara bergantian selalu berubah dalam merespon informasi baru dalam bentuk jalur saraf yang baru.

2. You can give different parts of your brain a break

Ada dua bagian sistem utama dalam otak Anda: bagian untuk menganalisa – mengambil keputusan dan bagian yang berhubungan dengan empati. Ketika Anda terlibat terlalu dalam dengan salah satu bagian tersebut, tidak akan ada ruang yang cukup untuk yang lainnya. Berkhayal memberikan cara yang lebih alami dan pergerakannya hampir menyerupai siklus antara kedua bagian dari otak Anda tersebut. Kedua bagian dari fungsi otak tersebut bisa berfungsi secara bergantian saat Anda berkhayal.

3. You may find yourself to be more creative
Beberapa selebriti terkenal seperti Woody Allen dan JK Rowling mendapatkan ide terbaik mereka dari berkhayal. Hal ini dikarenakan ketika Anda berkhayal, pikiran Anda akan berjelajah melalui bagian-bagian yang berbeda dari otak dan mengumpulkan sedikit demi sedikit informasi yang akhirnya saling berhubungan. Hubungan ini sering kali berakhir menjadi sebuah awal dari ide baru dan kreatif.

4. You can practice being more empathetic, open minded and understanding

Sama seperti kemampuan otak untuk mengingat masa lalu dan berpikir untuk masa depan, kemampuan Anda untuk membayangkan sudut pandang orang lain merupakan hal yang unik. Jika Anda bisa meluangkan waktu sedikit untuk memikirkan bagaimana cara orang lain berpikir atau bagaimana perasaan orang lain, hal tersebut bisa mengubah cara Anda berinteraksi dan menciptakan banyak kesempatan yang baik untuk meningkatkan hubungan komunikasi dan relasi Anda.

5. You can feel more love and connection to the people closest to you

Hasil studi membuktikan kegiatan berkhayal yang berorientasi pada kedekatan, yang melibatkan orang-orang yang memiliki kedekatan khusus dengan Anda, akan menghasilkan lebih banyak “kebahagiaan, rasa cinta dan hubungan” yang berkaitan dengan orang-orang tersebut. Hal ini dikarenakan khayalan Anda berhubungan erat dengan hal-hal yang positif yang Anda dapatkan dari hubungan dengan orang terdekat Anda.

6. You will have improved working memory

Memori kerja adalah kemampuan otak Anda untuk menyimpan dan memanggil kembali informasi dalam menghadapi suatu gangguan. Sebuah penelitian baru-baru ini dari University of Winsconsin and the Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science, menunjukkan adanya sebuah korelasi dalam level yang tinggi antara memori dan berkhayal.

7. You will likely experience improved performance/productivity

Beberapa hasil studi telah membuktikan adanya peningkatan performa dengan berkhayal, Bar-Ilan University juga menemukan bahwa berkhayal memberikan efek yang positif dan simultan berkaitan dengan performa seseorang.

8. You can be healthier

Dari hasil penelitian membuktikan berkhayal bisa disamakan dengan hypnosis diri. Dengan berkhayal Anda bisa menurunkan level stres yang bisa membuat Anda lebih sehat secara psikologis. Berkhayal juga bisa digunakan sebagai latihan, misalnya ketika Anda akan presentasi, Anda bisa membayangkannya lebih dulu dalam pikiran Anda sehingga Anda akan lebih siap untuk melakukannya secara nyata. Berkhayal juga berhubungan dengan otak yang sehat dan membantu Anda untuk tidur lebih baik.

9. You can achieve your goals
Hasil penelitian membuktikan ketika anda berkhayal, jaringan otak Anda yang berperan sebagai pemecah masalah bekerja lebih aktif daripada ketika Anda fokus mengerjakan tugas yang rutin. Oleh karena itu tetapkanlah tujuan Anda, buat rencana untuk mencapainya dan biarkan otak Anda membantu untuk mengatasi segala rintangannya.

10. Most importantly, you can be happier
Dengan berkhayal tidak jarang Anda akan merasa lebih bahagia dengan membiarkan diri anda menikmati sedikit permainan mental diri sendiri. berkhayal memiliki korelasi bahwa harapan dan penantian sama kuatnya berhubungan dengan kesenangan dan cenderung menjadi produk lain hasil dari khayalan Anda. Berkhayal membantu Anda membebaskan diri dari kekhawatiran dan ketakutan, ketika Anda mulai berpikir yang terburuk, cara terbaik adalah dengan mengarahkan pikiran Anda ke hal-hal yang positif dan biarkan otak membawa Anda kedalam sebuah perjalanan – sambil menciptakan saraf-saraf baru dalam prosesnya.

Salam Sukses Luar Biasa![AW]

Comment

Rekomendasi Berita